Tiang Listrik Ini Momok Bagi Kendaraan PMK Klaten. Penyebabnya ?

tiang-listrik-momok-pmk
TIANG LISTRIK: Tiang jaringan listrik milik PT PLN berdiri persis di tengah pintu masuk garasi regu pemadam kebakaran Pemkab Klaten. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

*Ganggu Mobilitas Pemadam

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Di tengah meningkatnya ancaman kasus kebakaran, regu pemadam kebakaran Pemkab Klaten dipusingkan dengan keberadaan satu tiang listrik. Pasalnya, tiang jaringan listrik milik PT PLN itu berdiri persis di tengah pintu garasi mobil pemadam kebakaran.

Komandan Regu Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten, Nur Khodik mengatakan keberadaan tiang listrik itu jelas mengganggu.

” Yang jelas mengganggu sebab saat keluar mobil kita harus ekstra hati-hati,” jelasnya, Rabu (28/8).

Dikatakannya keberadaan tiang yang persis di depan pintu garasi dan kantor membuat mobil pemadam kebakaran saat akan bertugas tidak bisa cepat. Mobil harus berhati-hati saat berangkat sebab khawatir menabrak tiang. Padahal mobil dan petugas kebakaran membutuhkan kecepatan waktu untuk mampu menyelamatkan korban.

Tiang listrik itu bukan tiang baru sebab sudah ada sejak pemadam pindah markas ke Jl Mayor Kusmanto, Kecamatan Klaten Utara. Sebelum dibangun garasi pemadam kebakaran. lahan dulunya adalah pekarangan kosong sehingga tiang tidak mengganggu. Namun saat digunakan untuk markas pemadam tiang menjadi kendala tersendiri. Mobil pemadam pernah menabrak tiang saat akan bertugas tetapi tidak rusak berat dan bisa bertugas.

Tabrak Tamu

Namun tamu di kantor pemadam, kata Nur Khodik, sudah ada lebih dari 10 orang yang mobilnya menghantam tiang tersebut. Tahun ini sudah diusulkan untuk dipindahkan. Tim teknis dan konsultan PT PLN telah mengecek lokasi. Bisa dipindah ke barat atau ke timur asalkan tidak tepat di tengah.

Anggota regu pemadam kebakaran, Arnan Edy Setyawan mengatakan keberadaan tiang listrik itu jelas mempengaruhi kecapatan tim bergerak sebab harus hati-hati agar tidak menghantam tiang. Posisinya yang persis di tengah pintu masuk garasi merepotkan armada yang ingin segera pergi.

” Dari sisi mitigasi jelas tidak mitigatif,” katanya.

Apalagi saat kebakaran mulai marak dan kasusnya meningkat seperti saat puncak musim kemarau saat ini. Kecepatan dibutuhkan sehingga korban harta dan jiwa bisa diminimalisasikan.

Pantauan di lokasi, tiang listrik milik PT PLN tersebut memiliki jaringan cukup banyak kabel di atasnya. Di tiangnya ada kotak trafo tidak terlalu besar. Posisinya persis di depan garasi mobil pemadam menghadap ke selatan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten, Sugeng Haryanto membenarkan adanya tiang listrik itu yang sedikit banyak mengganggu pergerakan mobil pemadam. Sudah dikoordinasikan dengan PT PLN agar diupayakan bisa dipindah ke lokasi lain. (Achmad H)

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here