Alas Kethu Terbakar, Api Lalap Lahan 10 Hektare

0
18
alas-kethu-terbakar
MEMADAMKAN API : Petugas berusaha memadamkan api yang membakar hutan di Alas Kethu, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Rabu sore (28/8). (suaramerdekasolo.com/Dok)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com –  Kebakaran hutan Perhutani terjadi di Alas Kethu, Petak 32 E Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Pulosari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wonogiri Jateng, Rabu sore (28/8). Api melalap lahan seluas 10 hektare di wilayah Kelurahan Giriwono, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri tersebut.

Kepala pelaksana harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri Bambang Haryanto mengatakan, kebakaran tersebut berlangsung sekitar pukul 15.00. “Lahan yang terbakar sekitar 10 hektare. Tanamannya terdiri atas pohon jati, mahoni, akasia, dan rumput kering,” katanya.

Puncak Kemarau 

Upaya pemadaman dilakukan oleh personel BPBD, bersama Perhutani, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), Radio Antarpenduduk Indonesia (Rapi), PMI, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan warga.

“Api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 20.15,” terangnya.

Sebelumnya, Bambang baru-baru ini telah mengingatkan, musim kemarau diprediksi mencapai puncaknya pada bulan Agustus-September ini. Bencana kebakaran hutan semakin diwaspadai karena frekuensinya kian sering terjadi.

“Menurut prediksi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Agustus-September ini puncaknya. Kemungkinan bisa lebih panjang lagi,” katanya.

Oleh karenanya, dia mengingatkan masyarakat untuk ikut mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah tidak membakar sampah dan tidak membuang puntung rokok di tepi hutan.

“Jangan membakar sampah, dedaunan, maupun ranting-ranting di sekitar lahan-lahan tegalan,” pintanya.

Sementara itu, Kapolres Wonogiri Uri Nartanti Istiwidayati melalui Pejabat Sementara Kasubbag Humas Iptu Suwondo mengatakan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah itu. Adapun kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai Rp 36,5 juta. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here