Pohon Koncangan Raksasa Berusia Setengah Abad, Habitat Macan Tutul

pohon-raksasa-wonogiri
POHON RAKSASA : Sarno, pemandu Waduk Candi Muncar memperlihatkan pohon raksasa yang tumbuh di Hutan Muncar, Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, beberapa waktu lalu. (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Pengakuan Pemandu Waduk Candi Muncar, Wonogiri, Jateng, Sarno ini cukup mengagetkan. Ia pernah melihat macan tutul maupun macan kumbang di Hutan Muncar, Desa Bubakan, Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri, Jateng.

Padahal hewan langka ini memilih menghindar apabila bertemu manusia.

“Dulu, sewaktu masih bekerja mengeruk Waduk Candi Muncar, saya sering tidur di pinggir hutan. Pernah lihat ada yang sedang minum. Mau saya foto, tapi sudah keburu pergi. Keesokan paginya ada jejak macan,” ujar Sarno kepada suaramerdekasolo.com.

Selain macan tutul dan macan kumbang, ada macan cecep atau kucing hutan.Mereka terkadang terlihat di dahan-dahan pepohonan, sedang mengincar monyet atau burung.
“Berbagai jenis burung masih banyak. Musang atau luwak juga sering terlihat,” katanya.

Jaga Ekosistem 

Pihaknya melarang perburuan dan pengambilan tanaman hutan di kawasan tersebut. Tujuannya untuk menjaga kelestarian hutan. Salah satu vegetasi istimewa di Hutan Muncar adalah pohon koncangan raksasa berusia setengah abad, setinggi 40 meter dengan diameter batang lebih dari dua meter.

“Kalau ada yang mau berburu, pasti saya larang. Mengambil tanaman hutan juga dilarang,” tegasnya.(Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here