Wouw.. 2.000 Warga Ringinputih Harus Beli Air Sepanjang Tahun

0
70
antre-air-bersih-klaten
AIR BERSIH : Warga Dukuh Jatirogo, Desa Ringinputih, Kecamatan Karangdowo, Klaten mengambil air bersih dengan jerigen.(SM/Merawati Sunantri)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Ada 4.300 jiwa warga Desa Ringinputih, Kecamatan Karangdowo, Klaten Jateng, lebih dari 2.000 jiwa harus membeli air untuk konsumsi setiap hari

Menurut Kades Ringinputih Muhammad Ridwan, air sumur mereka tak bisa dikonsumsi karena rasanya asin dan kadar zat kapur sangat tinggi dan berbahaya bagi kesehatan.

”Air sumur warga tak bisa dikonsumsi karena kandungan kapur tinggi. Jadi di sini banyak pengusaha air. Dulu harganya Rp 3000, tapi sekarang turun jadi Rp 2.500 karena persaingan antar pengusaha,” kata Muhammad Ridwan.

Kades berharap, ada jaringan air minum PDAM ke desanya. Saat ini, air dari Pansimas terdahulu debitnya sudah menipis dan sedang diupayakan sumur Pansimas baru. Pengerjaan sumur butuh waktu 5-6 bulan di Gunung Mojo, dengan kedalaman 130 meter.

Saat ini, warga memang bergantung pada pengusaha air minum untuk memenuhi kebutuhan memasak. Untuk memenuhi kebutuhan untuk minum dan memasak, warga harus membeli dari pedagang air keliling yang datang dua hari sekali. 

Harganya antara Rp 2.500 sampai Rp 3.000 untuk satu jerigen isi 20 liter. Air tersebut konon didatangkan dari sumber di Gunung Lawu.

‘’Meski kemarau panjang, air sumur tidak kering, tapi tidak bisa diminum karena rasanya asin dan kadar kapurnya tinggi. Air sumur hanya bisa untuk mandi dan mencuci saja,’’ kata Tri Mugiyatno warga RT 2 Dukuh Jatirogo, Ringinputih.

Beli Air Bersih

Untuk air pertanian, warga setempat juga harus mengeluarhkan biaya Rp 100/petak untuk mendapatkan air dari waduk Wonogiri. Mereka masih merasa beruntung, dengan adanya air dari Wonogiri, mereka bisa panen di musim kemarau. ‘’Kalau gak ada air dari waduk Wonogiri, kami gak bisa panen,’’ kata Tri Mugiyatno.

Parjiyem, warga Dukuh Sidodadi, Ringinputih juga mengatakan hal yang sama. Dia harus membeli air untuk memasak Rp 3.000 satu jerigen. Air itu bisa untuk dua samai 3 hari, tergantung kebutuhan. Tak heran bila mereka sangat gembira saat menerima bantuan air bersih.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here