Kejuaraan Tapak Suci Jadi Arena Uji Coba

0
Kejuaraan-Silat-Tapak-Suci1
BERTARUNG: Dua pesilat bertarung dalam kejuaraan internasional Perguruan Tapak Suci di GOR Sritex Arena Solo, Senin (2/9). Ratusan pesilat dari 14 negara bersaing di ajang tersebut. (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

*Pesilat 14 Negara Mulai Berduel di Solo

SOLO,suaramerdekasolo.comKejuaraan internasional Perguruan Silat Tapak Suci yang diselenggarakan di GOR Sritex Arena Solo, Minggu-Kamis (1-5/9), dimanfaatkan para pesilat sebagai arena uji coba. Menurut penanggung jawab kejuaraan, Rony Syaifullah, banyak pesilat asal perguruan itu yang kini masuk tim pelatda Pra-PON dari berbagai provinsi, turut beradu ketangguhan di ajang tersebut.

‘’Ada banyak tim Pra-PON yang mengirimkan pesilatnya yang dari Tapak Suci untuk mengikuti kejuaraan ini. Memang waktunya tepat untuk uji coba, karena Pra-PON akan digelar Oktober nanti di Jakarta,’’ tutur mantan pelatih pelatnas pencak silat Indonesia pada Asian Games 2018 tersebut, Senin (2/9).

Beberapa di antaranya, lanjut dia, tim-tim dari Jawa, Kaltim, Kalbar, Kalsel, Kepulauan Riau, Sumbar, Sumut, NTT, NTB dan Papua. Khusus Jateng, Rony mencermati lebih dari lima atlet pelatda provinsi itu yang diturunkan, termasuk kategori seni.

‘’Jadi selain memburu gelar juara, mereka sekaligus menjajagi sebagian kekuatan tim-tim lawan masing-masing,’’ ujar pria yang juga Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Keolahragaan UNS Surakarta itu.

Siap Berkompetisi

Kejuaraan internasional pertama Peguruan Tapak Suci tersebut diikuti 547 orang pesilat dari 14 negara. Menurut Rony, sebagian atlet asing memanfaatkan ajang itu guna meningkatkan jam terbang, sekaligus mengetahui langsung kancah silat di Indonesia yang merupakan asal olahraga bela diri tersebut. Kendati demikian, berdasarkan pengamatannya terdapat beberapa tim dari beberapa negara yang memang sudah siap bertarung.

‘’Sejumlah pesilat dari Aljazair, Mesir dan Singapura terlihat memang siap berkompetisi di kejuaraan ini,’’ tuturnya.

Berdasarkan skedul yang telah disusun panitia, fase penyisihan nomor-nomor tanding bakal berlangsung hingga Selasa (3/9). Selanjutnya pada Rabu-Kamis (4-5/9) dipertarungkan babak semifinal dan final kejuaraan yang menggelar 18 nomor tanding itu.

‘’Tapi untuk nomor-nomor seni, besuk malam (Selasa, 3/9) sudah ada yang masuk fase final,’’ jelas dia.(Setyo Wiyono)

Editor : Budi Sarmun 

 

Tinggalkan Pesan