M Taufiq Dilaporkan Banser GP Ansor Ke Polda Jateng

m-taufiq-dilaporkan-ke-polda-jateng
Laporkan: Ketua Korwil Ansor Soloraya sekaligus Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Klaten, Marzuki menunjukkan surat pernyataan sikap terkait orasi yang disampaikan M. Taufiq saat Parade Ukhuwah. (Suaramerdekasolo.com(Ari Purnomo APl)
*Orasi Dinilai Provokatif 
 
SOLO,suaramerdekasolo.com –  Gerakan Pemuda (GP) Ansor melaporkan Muhammad Taufiq ke Polda Jawa Tengah, Selasa (3/9). Hal ini menyusul adanya sebuah video yang sempat viral berisi orasi M. Taufiq saat menghadiri kegiatan Parade Ukhuwah yang dinilai provokatif dan berisi ujaran kebencian.
 
Apa yang disampaikan oleh Taufiq dalam video tersebut dinilai sudah mencederai makna ukhuwah persaudaraan dan menghina korps Barisan Ansor Serbaguna (Banser).
 
Ketua Korwil Ansor Soloraya sekaligus Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Klaten, Marzuki menyampaikan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan GP Ansor Jateng. Dan kasus ni diserahkan kepada LBH PW Ansor. 
 
“Tadi sudah membuat delik aduan ke Polda Jateng terkait kegiatan Parade Ukhuwah. Apa yang disampaikan M. Taufiq saat itu mencederai ukhuwah atau persaudaraan. Dan karena orasi itu anggota Banser marah,” katanya saat jumpa pers di kantor PCNU Surakarta, Selasa (3/9). 
 
 
 
Marzuki menambahkan, mungkin dalam orasi yang disampaikan Taufiq tidak menyebut nama Banser. Tapi mungkin bisa saja mengarah kesana. Dan inilah yang membuat banyak dari anggota Banser yang marah karena merasa tersinggung dengan orasi itu. 
 
“Kami juga menyampaikan lima pernyataan sikap, yakni menyayangkan adanya orasi provokatif dan ujaran kebencian dalam kegiatan parade ukhuwah. Orasi tersebut sungguh mencederai makna ukhuwah atau persaudaraan,” katanya. 
 
Kemudian, Marzuki melanjutkan, pihaknya juga menyayangkan pihak panitia yang melakukan pembiaran orasi tersebut. Padahal banyak peserta anak-anak dalam kegiatan tersebut. Menurutnya, hal ini sungguh tidak mendidik. 
 
“Ketiga mendesak kepada kepolisian untuk menindak kegiatan-kegiatan yang mengarah pada perpecahan bangsa dan umat. Mengimbau kepada kader Ansor-Banser untuk menahan diri dan tidak terpancing emosi dan main hakim sendiri. Serahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib untuk menindak provokasi yang memecah belah ukhuwah atau persaudaraan,” bebernya. 
 
Proses Hukum
 
Dan yang terakhir, kata Marzuki, Ansor selalu menjunjung dan menghargai ukhuwah diniyah dengan segala bentuk perbedaan yang asal tidak bertentangan nilai-nilai aswaja dan kebangsaan. 
 
Terpisah, M Taufiq menyampaikan, dirinya tidak mempermasalahkan adanya tersebut. Dan dirinya mengaku siap untuk mengikuti setiap proses hukumnya.
“Tidak masalah, karena tidak satu pun saya menyebut nama ormas Banser. Apalagi Banser itu singkatannya Barisan Ansor Serbaguna NU, saya sama sekali tidak menyebut,” katanya. (Ari Purnomo Apl)
 
Editor : Hartanto Gondes
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here