DPO Pencurian, Ditangkap Saat Pulang Ambil Baju

0
DPO-DitangkapSaat-Pulang-Ambil-Baju
Pencurian: Kapolsek Pasar Kliwon AKP Ariakta Gagah Nugraha saat gelar kasus pencurian di Mapolsek Pasar Kliwon, Rabu (4/9). (suaramerdekasolo.com/Ari Purnomo APl)
SOLO,suaramerdekasolo.com – Purwanto Sudarmono alias Bonar (33) tidak bisa berkutik saat sejumlah polisi mendatangi rumahnya di Kampung Kebonan, Gandekan, Jebres, Solo, Jateng. Residivis kasus pencurian itu langsung digelandang polisi ketika hendak mengambil baju di rumahnya. Selain Bonar, polisi juga menangkap pelaku lain yakni Agus Untoro alias Kentang (31). 
 
Penangkapan kedua tersangka ini bermula dari adanya laporan salah satu warga Kauman. Waktu itu, korban mengaku kehilangan seekor burung dan sebuah laptop. Selain melapor, korban juga memperlihatkan video dari rekaman CCTV di rumahnya. 
 
Dari gambar kamera pengawas itu, kedua pelaku dengan mudah diketahui. Dengan cepat, polisi berhasil menangkap pelaku Kentang di rumahnya di Kauman, Pasar Kliwon. Tetapi, pelaku Bonar yang sudah lebih dulu kabur berhasil lolos. Tetapi, pelarian Bonar tidak berjalan sempurna. 
 
Karena, setelah dua hari kabur Bonar pulang ke rumahnya untuk mengambil pakaian. Nahas, saat itu sejumlah petugas sudah berada di rumahnya. Lucunya, Bonar justru tidak kabur saat melihat adanya sejumlah petugas. Sebaliknya, Bonar justru menanyakan terkait tujuan dari kedatangan para petugas tersebut. Jelas saja, Bonar langsung ditangkap dan dibawa ke Polsek Pasar Kliwon. 
 
Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Ariakta Gagah Nugraha mengungkapkan, penangkapan ini berawal dari rekaman CCTV yang ada di rumah korban. “Kebetulan kamera pengawas itu mengarah ke kedua pelaku. Setelah kami mengantongi ciri-ciri pelaku, kami lakukan pengejaran. Dan saudara Kentang ini berhasil kami tangkap di rumahnya,” kata Kapolsek, Rabu (4/9). 
 
Setelah menangkap Kentang, lanjut Kapolsek, dua hari kemudian anggota kami melakukan penggeledahan di rumah Bonar. Tetapi, pelaku tidak ada di rumah dan bersamaan pelaku baru saja pulang untuk mengambil baju. “Saat melihat petugas, pelaku ini justru datang dan menanyakan keperluannya datang ke rumahnya. Dia juga malah memperkenalkan diri, dan langsung kami tangkap,” katanya. 
 
Kapolsek mengatakan, keduanya dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara. (Ari Purnomo Apl)
 
Editor : Hartanto Gondes)
 

Tinggalkan Pesan