Ratusan Koin Kuno Ditemukan di Lereng Merapi

0
1219
Ratusan-Koin-Kuno-Ditemukan-di-Lereng-Merapi
UANG KUNO: Ratusan uang kuno ditemukan warga Dusun/ Desa Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Kamis (5/9).(suaramerdekasolo.com/Achmad H)

* Saat Penggalian Tanah

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Ratusan koin uang kuno ditemukan kawasan lereng Gunung Merapi di Desa Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Kamis (5/9). Uang logam berbentuk bulat itu sebagian sudah rusak.

Sekretaris Desa Tlogowatu, Kecamatan Kemalang, Wardoyo mengatakan uang koin kuno itu ditemukan warga saat menggali tanah di pekarangan milik Narti.

” Di kedalaman satu meter ditemukan uang tersebut,” jelasnya, Kamis (5/9).

Menurut Wardoyo, temuan itu oleh warga ditelusuri dan jumlahnya ternyata banyak. Setelah dinaikkan dan dikumpulkan kemudian ditimbang. Berat keseluruhan uang koin itu mencapai sekitar lima kilogram. Warga sekitar yang mendengar ada temuan itu langsung menonton dan sebagian dibawa sebagai suvenir.

Baca : Ratusan Koin Kuno Diduga Peninggalan Abad 900-an Masehi

Baca : Wouw.. 2.000 Warga Ringinputih Harus Beli Air Sepanjang Tahun

Jumlah uang koin yang ditemukan mencapai ratusan. Bentuknya bulat, terbuat dari logam dan di bagian tengahnya berlubang. Saat dipegang sebagian sudah remuk karena karatan dimakan usia. Sebagian uang yang masih utuh bisa terbaca ada tulisan huruf kanji. Serupa dengan huruf Cina atau Jepang tetapi tidak bisa dibaca warga. Temuan uang kuno itu baru kali pertama di desanya.

Lokasi penemuan selama ini hanya lahan kosong di dekat makam. Bukan bekas rumah atau bangunan tertentu. Sebelum ada temuan uang kuno itu juga tidak ada tanda atau apapun di lokasi.(Achmad H)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here