Seno Kusumoarjo Dukung Gibran Rakabuming Raka

0
Seno-Kusumoarjo-Dukung-Gibran-Rakabuming-Raka
SAMBUTAN: Seno Kusumoarjo (tengah) turut memberikan sambutan pada acara pertemuan relawan Jokowi di Pendapa Alit, Boyolali. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

*Maju Di Bursa Calon Wali Kota Solo 2020

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Dukungan terhadap Gibran Rakabuming Raka dalam bursa calon walikota Solo terus bermunculan. Bahkan, dukungan disampaikan langsung oleh tokoh senior PDIP Soloraya, Seno Kusumoarjo.

Dia menilai, putera pertama Presiden Joko Widodo tersebut mempunyai tiga syarat yang mutlak dipenuhi untuk maju Pilkada Solo. Yaitu, popularitas, jaringan, dan logistik. Dimana ketiga syarat itu tak boleh diabaikan.

“Bukan maksud mengabaikan partai atau kekuatan lain. Untuk Solo, yang pertama dilihat pasti PDIP. Kalau saya pribadi melihat nama-nama yang muncul, Gibran sangat layak untuk saya dukung,” kata Seno.

Ditemui wartawan disela acara pertemuan relawan Jokowi KAPT dan Seknas Jokowi di Pendapa Alit, Boyolali, Kamis (5/9), dia menambahkan, adanya alasan lain. Dimana sebagai partai rakyat kecil, PDIP juga identik sebagai partai kawula muda.

Melihat dari sejarah, sambungnya, selain di posisi wakil, PDIP tak pernah mencalonkan seorang calon berusia lanjut atau berusia diatas 70 tahun di Pilkada. Tokoh muda sebagai Walikota juga dinilainya lebih mampu mengatasi kompleksitas dan dinamika di Kota Solo.

Gelar Komunikasi

Namun pilihannya pada Gibran bukan berarti ia tak mendukung Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solo saat ini, yang mencuat dalam bursa Pilkada Solo yang akan maju melalui PDIP. Sebab pada akhirnya, ia akan mendukung siapapun calon yang mendapat rekomendasi dari DPP PDIP untuk maju dalam Pilkada Solo.

Diakui, dirinya sudah melakukan komunikasi intensif dngan FX Hadi Rudyatmo; Walikota Solo saat ini. “Kalau Pak Rudy memberikan jalan lapang kepada Pak Purnomo itu sah dan wajar saja. Pak Rudy kan juga sudah tidak bisa maju. Tapi Pak Purnomo maju sebagai calon dari PDIP itu baru sebatas asumsi saja.”

Disinggung tokoh yang layak dipasangkan dengan Gibran, Seno berpendapat Gibran bisa dipasangkan dengan kader PDIP di Kota Solo. Misal mantan Ketua DPRD Solo, Teguh Prakoso atau YF Soekasno.

“Komposisi tersebut seperti mengulang saat Joko Widodo maju dan menang pada Pilkada Solo 2005 lalu, saat ia berpasangan dengan FX Hadi Rudyatmo.”

Pihaknya juga mengklarifikasi munculnya nama adik iparnya, Dinar Retna Indrasari, yang disebut akan maju dalam bursa calon Wawali dalam Pilkada Solo. “Dari pihak keluarga sudah jelas. Saya sebagai keluarganya menegaskan itu tak benar. Saya juga tak pernah memberikan restu, dukungan ataupun dorongan kepadanya,” tegasnya. (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan