Presiden Joko Widodo Resmikan Pabrik Esemka

presiden-joko-widodo-resmikan-pabrik-esmka
residen Jokowi Resmikan Pabrik Esemka di Boyolali (6/9/2019). (Merdeka.com/Arie Sunaryo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.comPresiden Jokowi meresmikan fasilitas produksi dan peluncuran mobil Esemka di pabrik di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jumat (6/9). Diharapkan keberadaan Esemka bakal berdampak positif bagi industri nasional.

Menurut Jokowi, keberadaan pabrik Esemka bisa menimbulkan dampak positif buat perekonomian Indonesia. Terutama di Boyolali yang dikatakan akan mendapat manfaat sangat besar dengan keberadaan pabrik otomotif ini.

“Saya tadi sudah melihat langsung mesin dan komponen dirakit. Saya optimis bisa berkembang,” kata Jokowi.

Diungkapkan, mobil produksi Esemeka memang belum 100 persen produksi dalam negeri. Dari perhitungan, baru sekitar 80 persen komponen dibuat dalam negeri. Namun, yang pertama ini harus didukung.

“Saya tidak memaksa masyarakat Indonesia untuk membelinya. Tapi saya sudah mencobanya, dan ini merek nasional. Maka kita wajib membeli barang ini. Kalau beli produk lain, apalagi barang import, ya kebangeten.”   

Presiden Direktur Esemka, Eddy Wirajaya mengungkapkan, menyampaikan, peresmian pabrik ini diharapkan mampu membuat Esemka merintis di industri otomotif Tanah Air. JUga mengupayakan peningkatan SDM.

“Esemka juga menyeleksi rutin siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang akan membantu proses produksi mobil Esemka ini.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here