Produksi Mobil Esmka Mayoritas Pakai Komponen Lokal

0
48
persemian-pabrik-mobil-esemka-boyolali
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pabrik Mobil Esemka milik PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Foto/SINDOnews/Dita Angga Rusiana

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Pabrik mobil Esemka yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (6/9) ke depan akan menonjolkan produksi mobil jenis pikap Bima 1.3. Pemerintah mendukung produksi mobil dalam negeri ini dengan komponen lokal.

Hal itu ditegaskan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto saat mendampingi presiden saat peresmian mobil Esmka. Airlangga mengatakan, pihaknya mendukung penuh keberadaan pabrik mobil Esemka. Pasalnya, keberadaan pabrik otomotif pertama di Jawa Tengah ini diyakini bakal semakin memajukan industri secara keseluruhan.

“Dengan jumlah tenaga kerja 300 orang/ shift maka nanti jumlah tenaga kerja bakal terus bertambah seiring meningkatnya kapasitas produksi.”

Baca : Presiden Joko Widodo Resmikan Pabrik Esemka

Ditambahkan, mobil Esemka ini memiliki tingkat kandungan lokal 80 -90 persen. Sehingga komponen lokal yang dibuat oleh industri dalam negeri juga semakin berkembang.

“Artinya hadirnya Esemka apalagi produk lokal juga ikut menggeliatkan industri komponen lokal.”

Dicontohkan, komponen ban, sasis dan kursi sudah bisa diproduksi di dalam negeri. Demikian pula penggunaan baja sudah bisa dipenuhi PT Karakatau Steel. Kaca, lampu dan kabel juga sudah bisa diproduksi di dalam negeri.

“Bahan aluminium untuk mesin juga sudah diproduksi dalam negeri. Bahkan, disc brake sudah bisa dibuat oleh industri logam di Ceper, Kabupaten Klaten.”

Kalau pun ada bagian yang masih harus diimport adalah mesin dan transmisi.
Seperti diketahui, Presiden Jokowi meresmikan fasilitas produksi dan peluncuran mobil Esemka di pabrik di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jumat (6/9). Diharapkan keberadaan Esemka bakal berdampak positif bagi industri nasional.(Joko Murdowo) 

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here