Penderita HIV Meningkat, Warga Masih Kurang Paham

0
21
warga-peduli-aids
Informasi: Salah satu pendamping Warga Peduli Aids (WPA) menunjukkan brosur mengenai HIV/Aids, Minggu (8/9). (suaramerdekasolo.com/Yusuf Gunawa)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Jumlah penderita HIV/Aids di Kota Solo terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Saat ini dari data yang dimiliki Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Surakarta, jumlahnya sekitar 700an orang terinfeksi HiV/Aids. Di tahun sebelumnya warga yang terdeteksi HIV/Aids sebanyak 688-an. 

Menurut salah satu pendamping Warga Peduli Aids (WPA) KPS Surakarta, Tri Wahyudi minimnya kesadaran masyarakat untuk melakukan tes kesehatan masih sangat rendah. Mereka ketakutan untuk melakukan tes kesehatan terlebih jika dikaitkan dengan virus mematikan tersebut. 

“Saat ini pemahaman yang dimiliki oleh masyarakat terhadap HIV/Aids masih sangat rendah. Warga justru ketakutan kalau harus melakukan cek kesehatannya,” katanya, Minggu (8/9). 

Berikan Pemahaman

Maka dari itu, lanjut Tri, pihaknya rutin membuka pojok informasi. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada warga terkait HIV/Aids. Dengan adanya pemahaman tersebut, diharapkan pencegahan terhadap penyebaran HIV/Aids. 

“Rasa ketakutan terhadap HIV/Aids itu sangat tinggi. Padahal yang perlu dipahami oleh masyarakat adalah bagaimana virus menular. Kalau tidak melakukan perilaku yang berisiko, tidak akan tertular,” tambahnya. 

Selain itu, Tri mengatakan, pihaknya juga rutin melakukan pendampingan terhadap warga. Setidaknya ada lima orang pendamping yang disebar ke lima kecamatan yang ada di Kota Solo. Nantinya para pendamping ini akan memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait HIV/Aids. 

“Para pendamping ini sebelum diterjunkan ke masyarakat sudah dibekali dengan pengetahuan yang memadai. Sehingga, nantinya para pendamping bisa menyampaikan pemahaman kepada warga dn tepat sasaran. Dengan adanya pemahaman tersebut, nantinya tidak perlu lagi ada diskriminasi terhadap warga atau penderita HIV/Aids,” tandasnya. (Ari Purnomo Apl) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here