Pemilihan Ketua Osis SMPTQ Abi-Ummi Dibuat Ala Pilpres

0
146
pemilihn- ketua-Osis-SMPTQ-Abi-Ummi-Ampel
MENCOBLOS: Siswi mencoblos surat suara dalam pemilihan ketua Osis SMPTQ Abi-Ummi, Kecamatan Ampel, Boyolali, Senin (9/8)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Pemilihan ketua Osis SMPTQ Abi-Ummi Kecamatan Ampel, Senin (9/9) berlangsung menarik. Agenda pemilihan pun digelar layaknya pilpres. menggelar pemilihan ala pemilu Presiden.

Sebelum hari-H pemilu serentak, para calon diberikan kesempatan untuk kampanye umum dan debat terbuka. Pada kesempatan kampanye umum, calon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misinya. Sedangkan saat debat terbuka, calon diuji wawasan dan kesiapannya.

Pemilu serentak dilaksanakan di halaman sekolah utama. Tidak hanya sebagai pemilih saja, namun para siswa dan siswi juga dilibatkan langsung sebagai panitia di lokasi TPS. Mereka diberi tugas menjadi penjaga bilik suara dan saksi serta keamanan.

Setiap siswa dan siswi dan siswi berurutan absen maju dan mengambil kertas suara untuk menggunakan hak pilihnya. Kartu suara tersebut berisi gambar calon ketua dan wakil ketua Osis.  baru.

Setelah memasukkan suara ke kotak, pemilih mencelupkan jari kelingkingnya ke dalam tinta. Sekaligus sebagai tanda bahwa ia telah berpartisipasi dalam pemilu serentak tersebut. Para guru pun juga ikut memilih.

Dikarenakan SMPTQ Abi-Ummi berbasis sekolah pesantren, maka pemilihan dilakukan terpisah antara ketua Osis Putra dan Osis  Putri. Adapun di OSIS Putra, ada 3 pasangan calon ketua dan wakil, dan di OSIS Putri ada 5 calon pasangan ketua dan wakil.

Setelah acara pencoblosan selesai, suara yang terkumpul langsung dihitung ditempat. Hasilnya, ketua dan wakil OSIS Putra terpilih  paslon no 2, yakni Az-zakki Rayhan Ghifari dan Muhammad Naufal Ersada dengan perolehan suara sebanyak 63 suara. Untuk Osis Putri, terpilih paslon no 5, Nisrina Ulya Hamimma dan Fayyaza Sabriya Amatullah dengan 63 suara.

Tanggung Jawab Pilih Pemimpin

Agenda sekolah tersebut juga mendapat sambutan positif siswa.  “Bagus ya, acara ini dapat melatih siswa untuk bermasyarakat dan berpolitik nantinya. Sangat menarik,” tutur salah satu siswi, Iffah Tsabita, siswi SMPTQ Abi-Ummi yang antusias dalam mengikuti serangkaian pemilu serentak pada hari tersebut. 

Kepala sekolah, Abdul Kosim dalam arahannya saat apel sebelum melaksanakan pemilu serentak, mengingatkan para siswa kegiatan ini bertujuan melatih tanggung jawab memilih pemimpin.

Selain itu, juga memberikan pelajaran kepada pemimpin yang dipilih diharapkan menjaga amanahnya. “Semoga nanti ketua yang terpilih, bisa menjadi contoh yang baik dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik,” katanya. (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here