Bupati Kaji Peraturan Izini Kades Mutasi Staf Desa

0
22
bupati-juliatmono2
FOTO DIRI : Bupati Karanganyar Juliyatmono. (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaraerdekasolo.com – Bupati Karanganyar akan mengkaji peraturan yangmengizinkan kades memutasi staf desa untuk keperluan penyegaran. Jangan sampai tindakan kades itu menjadi kekisruhan internal karena kades melakukan mutasi seenaknya sendiri.

‘’Pada dasarnya memang dibolehkan kades melakukan mutasi untuk keperluan internal demi kelancaran sistem administrasi desa. Jadi dasarnya harus itu, bukan yang lain, misalnya karena kaurnya dianggap bukan rekannya atau CS-nya,’’ kata Bupati Juliyatmono, Selasa (10/9).

Di depan kades dan lurah serta camat dari 17 wilayah di Karanganyar, dia mengatakan memang ada kades yang memberitahu bupati untuk minta izin melakukan mutasi stafnya. Dalam kesempatan itu dia menyatakan pada prinsipnya boleh.

Asal kades meminta izin camat terlebih dahulu karena camat adalah koordinator beberapa desa di wilayahnya. Selain itu mutasi memang dimaksudkan untuk kelancaran karena yang bersangkutan baik kaur desa, atau bayan, atau kadus, memang bukan the right man on the right place, bukan alasan lain.

Baca : Jauh-jauh dari PALI, Berlatih Membatik di Ndalem Gondosuli

Baca : Di Klaten, Harga Kebutuhan Pokok Cenderung Stabil

‘’Misalnya kaur keuangan dipindah ke kaur lain memang karena dia tidak cocok jadi kaur keuangan, bukan karena alasan kaur keuangan bukan bolone kades. Itu malah bikin gaduh nanti. Nah kami akan mengkaji agar mutasi itu apakah aman dari segi aturan, sehingga tidak ada ekses ke depannya,’’ kata dia.(Joko DH).

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here