Kabar Terbaru, Pendaki Terjatuh Di Puncak Gunung Lawu

0
4599
pendaki-terjatuh-gunung-lawu
FOTO ILUSTASI/https://www.inews.id

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Seorang pendaki gunung yang juga anggota Ranger Gunung Arjuno, bernama Yohan Marvelous (31), terjatuh akibat terpeleset di puncak hargo dalem, Gunung Lawu. Kabar terakhir menyebutkan kakinya bengkak dan patah.

Baca : Warga Kepanjen Dihebohkan Temuan Mayat Waria Mengapung di Tengah Sawah

Baca : Breaking news : Shelter Kuliner Pucangsawit Terbakar

Sehingga ayahnya dan saudaranya yang juga ikut mendaki meminta anggota AGL (Anak Gunung Lawu) dan SAR Karanganyar serta SAR Magetan untuk menjempet karena korban tidak mungkin turun sendiri atau dipapah.

Fauzan, salah seorang anggota SAR Karanganyar yang ikut naik untuk memberi pertolongan menuturkan, Selasa, awalnya mereka bertiga ayah dan anak itu naik gunung Lawu melalui pendakian Cemorosewu di Plaosan, Magetan.

Perjalanan dimulai Sabtu pagi dan mereka sampai di puncak hargo dalem. Sampai di sana karena akan ada keperluan sesuatu, tiba-tiba terjatuh dan kakinua (dengkul) terantuk batu sehingga tidak bisa berjalan dan malah bengkak.

Baca : Tak Mau Tunggu Belas Kasih, Sumarno Buka Usaha Dan Miliki Delapan Karyawan

Kirim Regu Penolong

Karena tidak mungkin berjalan atau turun dipapah, ayah Yosef mengirim pesan pada SAR Karanganyar, SAR Magetan dan juga AGL. Langsung saja ketiga unsur yang biasa mengawal pendakian Lawu itu berkoordinasi.

‘’Senin malam (9/9) kami memberangkatkan empat regu penolong ke puncak lawu. Regu pertama naik sekitar pukul 18.40 WIB, disusul regu II naik pukul 19.30 WIB, regu III naik 20.30 dan regu IV naik pukul 22.30 WIB. Masing-masing membawa perlengkapan tandu, dan juga bahan makanan dan minuman.’’

Baca : Mapala Yogyakarta Berhasil Temukan Sungai Bawah Tanah di Desa Gendayakan

Mereka berasal dari BPBD Magetan, SAR Magetan SAR Karanganyar, AGL, Rendan (Relawan Karangpandan), Reco (Relawan Ceto) dan lainnya. Mereka saling melengkapi, dan satu regu minimal ada 4 – 7 orang.

Selasa pukul 11.16 WIB, rombongan penolong turun dan berhasil mengevakuasi korban lewat Cemorosewu, dan langsung dibawa ke rumahsakit Magetan untuk ditolong. Beruntung mereka klub pendaki, sehingga saat kritis langsung kontak tim di bawah, kata Budi B, salah seorang tim dari AGL.(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here