PDIP dan Gabungan Partai Belum Setor Nama Susunan Fraksi DPRD Klaten

0
14
gedung-dprd-klaten4
GEDUNG BARU: Gedung baru DPRD Kabupaten Klaten berlantai tiga masih terus dibangun untuk difungsikan tahun ini. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

 

* Waktu Tinggal Tiga Pekan

KLATEN,suaramerdekasolo.com – PDI P dan gabungan partai di DPRD Kabupaten Klaten belum menyetorkan nama dan susunan fraksinya. Padahal batas waktu yang diberikan hanya tersisa tiga pekan.

Kabag Persidangan DPRD Kabupaten Klaten, Joko Triyanto mengatakan sejauh ini partai yang sudah menyerahkan daftar nama dan susunan fraksi ada lima. Partai Golkar dengan ketua fraksi, Bakhtiar Joko Widagdo, PAN dengan ketua fraksi Darmadi, Partai Gerindra menunjuk Dwi Atmojo sebagai ketua fraksi, PKS menetapkan Sudibyo di kursi ketua dan PKB ketua fraksi diserahkan ke Ahmad Mutohar.

” Hanya PDIP dan gabungan partai yang belum memasukan,” katanya, Selasa (10/9).

Joko mengatakan untuk gabungan partai, sudah ada dari PPP, Legiman yang menanyakan format penyerahan susunan fraksinya. Kemungkinan dalam pekan ini gabungan partai politik akan menyerahkan nama dan susunan fraksinya. Sedangkan untuk PDIP belum ada tanda sama sekali akan segera menyerahkan.

Sesuai Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ kota ada waktu satu bulan sejak dilantik bagi DPRD untuk membentuk fraksi. Sekretariat tidak memiliki kewenangan memaksa untuk segera mengajukan. Kewenangan sekretariat hanya mengirimkan surat ke sembilan partai yang ada waklinya di DPRD.

Penyerahan nama dan susunan itu menurut Joko semakin cepat semakin baik sebab akan ada sisaa waktu untuk segera menyusun alat kelengkapan dan membahas draft kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD 2020.

Akibat belum semua partai setor nama, fraksi belum bisa dibentuk sehingga DPRD praktis belum dapat berkegiatan. Belum lagi rencana kerja yang harus segera dibahas bersama DPRD. (Achmad H)

Editor : Hratanto Gondes

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here