Penyebab Sulitnya Pemindahan Tiang Listrik Depan Garasi PMK Terpecahkan

0
18
tiang-listrik-momok-pmk2
GARASI MOBIL: Sebuah tiang listrik berada tepat di depan garasi regu pemadam kebakaran Pemkab Klaten. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

*Momok Kendaraan Pemadam Kebakaran

KLATEN,suaraerdekasolo.com – Misteri tidak kunjung direlokasinya tiang listrik di depan garasi pemadam kebakaran Pemkab Klaten terkuak. PT PLN APJ Klaten mengajukan biaya sebesar Rp 34, 6 juta sebagai biaya.

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Pemkab Klaten, Sugeng Haryanto menjelaskan ada surat resmi dari PT PLN tentang adanya biaya sebesar itu untuk merelokasi tiang. ” Ada surat resminya dan biayanya hampir Rp 35 juta,” ungkapnya, Selasa (10/9).

Menurutnya upaya pemindahan tiang jaringan listrik itu sudah lama diusulkan. Tahun lalu Satpol PP melayangkan surat dan dijawab ada biaya yang harus ditanggung Pemkab. Sebab ada biaya, anggaran diusulkan di APBD 2019 dan sudah disetujui. Untuk apa saja biaya itu, dirinya tidak tahu detailnya.

Namun meskipun sudah dianggarkan, anggaran belum bisa digunakan sebab pekerjaan belum dilakukan. Sesuai mekanisme pengadaan dan kegiatan barang dan jasa di Pemkab, pembayaran baru bisa dilaksanakan setelah pekerjaan selesai. Kini Satpol PP hanya bisa menunggu kelanjutan rencana itu sebab menurut informasi lokasi sudah disurvei.

Keberadaan tiang listrik itu, kata dia, sedikit banyak mengganggu pergerakan regu pemadam. Posisinya persis di depan garasi membuat mobil pemadam tidak segera bisa bergegas dan harus ekstra hati-hati agar tidak menghantam tiang. Kepala

Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pemkab Klaten, M Himawan Purnomo membenarkan jika dana pemindahan sudah dianggarkan di APBD. Besarnya sekitar Rp 35 juta sesuai dengan usulan Satpol PP saat penyusunan anggaran.

Tabrak Tiang

Nur Khodik, personel pemadam kebakaran Pemkab Klaten mengatakan mobil sering menghantam tiang saat keluar dan masuk.

” Mobil tamu ke markas sudah lebih 10 kali menabrak tiang,” katanya.

Keberadaan tiang itu mengganggu kecepatan regu pemadam sebab di tengah depan garasi. Beberapa waktu lalu sudah ada tim datang mengecek.

Katanya dari PT PLN dan kemungkinan akan memindahkan tiang tersebut. Namun sampai kini tiang masih berada di lokasi. Sebelumnya diberitakan, tiang milik PLN di depan garasi pemadam kebakaran mengganggu pergerakan mobil. Padahal di saat puncak kemarau, waktu akan sangat menentukan dalam penanganan kebakaran. (SM/ 29/8).

Tentang besaran biaya pemindahan menurut sumber di Pemkab didasari surat PT PLN APJ Klaten nomor 007/ DIS.01.01/ RYN-KLT/ 2018. Surat tertanggal 17 Juli 2018 itu merupakan surat balasan ke Pemkab. Pada surat PLN itu, uang Rp 34, 6 juta rincianya akan digunakan untuk biaya PFK Rp 31.474.000, PPN 10 persen Rp 3.147.400 sehingga total Rp 34. 621.400.

Agus Tri Yuliyanto, menejer jaringan PT PLN APJ Klaten mengatakan biaya itu timbul sebab pelaksana di lapangan adalah pihak ketiga. ” Soal rencana pemindahan tadi kami sudah ke kantor Satpol PP koordinasi,” jelasnya. Tim sudah mengecek lokasi dan hanya tinggal koordinasi saja. (Achmad H)

Editor : Budi Sarmun 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here