Apel Besar Hari Pramuk Kwarcab Pramuka Klaten

0
17
pramuka-klaten

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Klaten menggelar apel besar Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 di Alun-alun Klaten, Selasa (10/9). Apel yang dipimpin Bupati Klaten Sri Mulyani itu dihadiri Ketua Kwarcab Klaten Jaka Sawaldi, Ketua Harian Kwarcab Purwanto AC serta ratusan undangan.

Dalam acara itu, Bupati membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs Budi Waseso. Kepramukaan dimaknai sebagai proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis.

Bupati mengucapkan selamat Hari Pramuka yang ke-58, diharapkan Pramuka tetap semangat, produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, dan selalu terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Itu sesuai tema yang diangkat, Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.

”Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan karakter bagi generasi muda yang siap menjaga keutuhan NKRI. Pramuka bisa diterima masyarakat di semua daerah. Karenanya, sejak 2018, BNN pun menggandeng Gerakan Pramuka sebagai pelopor anti narkoba,” tegas bupati.

Pramuka Berprestasi

Data BNN menunjukkan penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja makin meningkat antara 24-28 persen. Pramuka diharapkan ambil bagian dalm pembangunan nasional.

Dalam kesempatan tiu dilakukan pemberian penghargaan dan penyematan tanda kecakapan khusus untuk sejumlah Pramuka berprestasi.
  
Ketua Kwarcab Klaten, Jaka Sawaldi didampingi Ketua Harian Kwarcab Purwanto AC menjelaskan, Gerakan Pramuka Indonesia lahir 14 Agustus 1961, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961. Saat tiu, terjadi pelantikan Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara. Peristiwa itu diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia.(Merawati Sunantri)

Editor : Budi Sarmun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here