Atasi Macet Palang Sepur, Jalan Diponegoro Sragen Dilebarkan Dua Meter

0
9
pelebaran-jalan-diponegoro
PERSIAPAN PELEBARAN JALAN: Pohon-pohon yang ada di sekitar Jalan Diponegoro telah ditebangi, sebagai persiapan pelebaran ruas jalan tersebut, Rabu (11/9).(suaramerdekasolo.com/Basuni Hariwoto)

SRAGEN,suaramerdekasolo.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) bakal melebarkan ruas jalan Diponegoro, Kecamatan Sragen. Penambahan lebar sekitar dua meter itu dilakukan sepanjang 200 meter, yang ada di sisi Barat jembatan atau palang pintu perlintasan kereta api.

Saat ini pohon-pohon yang ada di sekitar ruas jalan itu, sudah ditebangi sebagai salah satu persiapan pelebaran. Sebelumnya, ruas jalan itu juga sudah dibersihkan dari para pedagang kaki lima (PKL) yang memanfaatkan untuk berjualan.

Kepala DPUPR Marija mengatakan, pelebaran Jalan Diponegoro akan dilakukan secara bertahap. Saat ini yang akan dilebarkan adalah yang ruas yang ada di sisi Barat jembatan. Sementara untuk tahun depan akan dilanjutkan pelebaran untuk sisi Timur jembatan.

“Anggaran yang dipergunakan berasal dari APBD Perubahan 2019 sekitar Rp 200 juta, panjangnya sekitar 200 meter dan lebarnya sekitar dua meter. Dicor terus dilapis aspal,” kata Marija saat ditemui Rabu (11/9).

Mantan Staf Ahli Bupati Sragen ini mengungkapkan, rencananya pelebaran Jalan Diponegoro memang dilakukan selama dua tahun. Untuk tahun depan, pelebaran dilakukan di sisi Timur termasuk melebarkan jembatan yang ada di wilayah itu. Pelebaran itu dilakukan untuk mengatasi kemacetan yang ada di kawasan tersebut. Apalagi di ruas jalan itu juga ada pintu perlintasan kereta api yang setiap harinya sangat sibuk.

“Sekarang, ruas jalan itu sering macet dan kerap terjadi kecelakaan karena jalannya memang sempit. Jadi kalau dilebarkan, upaya arus lalu-lintas bisa lebih lancar,” tandasnya. (Basuni Hariwoto)

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here