Pembalap Solo Bersiap Adu Kebut ke Kuningan

0
51
pembalap-sepeda-solo
ASAH KEMAMPUAN: Sejumlah pembalap sepeda Solo dan PPLOP Jateng mengasah kemampuan di jalur rolling kawasan Jumantono, Karanganyar, Rabu (11/9). (suaramerdekasolo.com/Setyo Wiyono)

 *Buru Medali Tour de Linggarjati

SOLO,suaramerdekasolo.com – Para pembalap sepeda Solo bersiap adu kebut ke Kuningan, Jabar. Mereka, Andrian Hidayat, Shindu Ardiyanto dan Annisa Destein Cindy Qiawati, bakal memburu medali pada ajang Tour de Linggarjati 2019 yang rencananya diselenggarakan Kamis-Minggu (12-15/9).

‘’Ratusan peserta dari berbagai daerah dan negara lain sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti kejuaraan tersebut. Maka anak-anak kami siapkan secara matang guna menghadapi persaingan di urutan atas,’’ kata pelatih Pengkot Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Surakarta, Agus Sadiyanto, Rabu (11/9).

Berdasarkan informasi terkini dari panitia, peserta tour mencapai sekitar 450-an orang. Di kelompok prestasi terbagi atas kategori senior (elite), yunior dan pemula (youth), putra dan putri. Selain itu ada kelas untuk boy dan girl callange, serta master A dan B khusus putra.

Para peserta tidak hanya para pembalap Indonesia. ‘’Kabarnya ada 59 atlet dari sembilan negara yang turut bersaing, antara lain dari Malaysia, Singapura, Filipina, Slovenia, German, Iran, Spanyol, Kamboja dan Rusia,’’ tutur Agus.

 

Tiga Nomor

Tiga nomor digelar dalam ajang adu kebut itu. Ketiganya yakni individual road race (IRR), individual time trial (ITT) dan kriterium. Rute tanjakan diperhitungkan jadi lintasan lomba, khususnya IRR dan ITT. Maka sebagai bekal untuk bersaing, para atlet Kota Bengawan ditempa di jalur-jalur menanjak.

Para atlet pun diasah berlatih di rute-rute jarak jauh dan menengah. Pada Minggu (8/9) lalu misalnya, mereka menempuh rute lebih dari 100 km dari Solo-Sukoharjo-Wonogiri belok kiri melewati Ngadirojo-Slogohimo-Purwantoro-Plaosan-Sarangan(Magetan, Jatim), hingga turun ke Karanganyar melalui Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang.

‘’Lalu Rabu (11/9) pagi tadi, anak-anak juga berlatih tanjakan lereng Lawu di daerah Jumapolo-Matesih-Karangpandan (Karanganyar-red),’’ tutur Agus.

Pria yang juga pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLOP) Balap Sepeda Jateng itu menambahkan, para atlet pusat pendidikan yang bermarkas di kawasan Punggawan Solo juga bakal turut bersaing. Selain Shindu yang juga atlet PPLOP, pembalap pelajar lainnya adalah Rifyal Nurhasifa (Klaten), Muhammad Hanif (Pekalongan), Bagus Abel Tasman (Cilacap), serta Farhan Hilal Cipta (Tegal). ‘’Mereka juga mewakili daerah masing-masing,’’ ujarnya.(D11)    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here