Tim Pengabdian FISIP UNS Latih UMKM Manfaatkan Teknologi Digital Untuk Pemasaran

0
11
program-wirausaha-uns
WIRAUSAHA: Salah satu peserta PMW 2018 Sugeng Sulistiawan (kiri) yang mengembangkan jasa teknologi dan aplikasi berbasis web memberikan penjelasan soal bisnisnya pada Pembina Senior PMW UNS Dr Eddy Tri Haryanto. (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Melihat masih banyak pelaku usaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum memanfaatkan teknologi digital,  Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan kegiatan pelatihan digital marketing bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan, Dr Andre Rahmanto, kegiatan ini merupakan bagian dari program kemitraan masyarakat yang bertujuan membantu target pemerintah 8 juta UMKM berjualan secara online.

“Dari diskusi dan observasi pelaku UMKM masih belum menerapkan packaging, branding dan pemasaran untuk go online. Untuk itu kami memberikan beberapa materi pelatihan yang dibutuhkan,” kata Andre. 

Diaparkan,  saat ini tercatat baru 3,79 juta pelaku UMKM di Indonesia yang telah memanfaatkan teknologi digital dari total 58,97 juta UMKM. Padahal dengan teknologi internet ini dapat membantu mengakses pasar yang lebih luas dan mengembangkan bisnis UMKM.

Kegiatan yang digelar di wilayah Kecamatan Banjarsari, tersebut diikuti sekitar 50 an pelaku usaha kecil menengah di Banjarsari. 

“Kami para pelaku usaha memang mengharapkan bisa mengakses teknologi informasi. Jadi mudah-mudahan setelah pelatihan ini akan semakin meningkat omzetnya,” kata salah satu peserta Ari.(Evie Kusnindya)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here