Berdayakan Masyarakat Lewat Rumah Jokowi

0
76
rumah-jokowi-boyolali
RAPAT KERJA: Kegiatan rapat kerja Rumah Jokowi Boyolali digelar di Panti Marhein. (suaramerdekasolo.com/Joko Murdowo)

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Upaya pemberdayaan masyarakat dilakukan Organisasi masyarakat Rumah Jokowi (RJ). Diantaranya program penggemukan domba dengan menggandeng BUMDes di Boyolali. 

Menurut Sekreatris DPC RJ Boyolali, Simon Jaka Triyanta, pihaknya akan memulai program pemberdayaan masyarakat yang dalam waktu dekat akan diluncurkan. Yakni membentuk kemitraan dengan masyarakat berupa penggemukan domba.

“Kami juga akan mengadakan pemberdayaan melalui usaha POM mini  dengan menggandeng BUMDes,” katanya disela rapat kerja DPC Rumah Jokowi Boyolali di Gedung Marhaen, Boyolali Kota, Kamis (12/9).

Sedangkan untuk penggemukan domba, pihaknya akan menggandeng kelompok masyarakat atau peternak. Utamanya yang belum tersentuh program pemerintah.

Realisasinya, akan ada sebanyak 250 kelompok yang akan diberikan bantuan masing-masing 200 ekor domba. Bantuan itu terdiri dari 170 ekor jantan dan 300 ekor betina. Bantuan termasuk pemberian pakan, obat dan peralatan pendukung.

Kelompok peternak cukup menyediakan kandang dan tenaga saja. “Kami sudah menjalin kerjasama dengan pabrik yang akan mengambil domba yang sudah digemukkan dalam 40 hari masa penggemukan.”

Pemberdayaan Masyarakat

Untuk memaksimalkan program perdana tersebut, pihaknya menggandeng berbagai dinas hingga kementerian terkait. Ajang sosialisasi juga dilakukan agar program bisa berjalan efektif. 

“Sasarannya adalah kelompok masyarakat yang benar-benar benar membutuhkan. Tak hanya peternak saja, tapi elemen masyarakat lain yang membutuhkan peningkatan kesejahteraan.”

Meski Ormas Rumah Jokowi awalnya bergerak di bidang politik sebagai relawan Jokowi, namun dalam program ini ia menampik sebagai gerakan politik. Pihaknya menerima siapa saja untuk bergabung dalam program ini.

“Siapapun boleh bergabung. Ini adalah gerakan untuk pemberdayaan masyarakat di luar birokrasi pemerintahan, sekaligus mengawal program-program pemerintahan dalam pemberdayaan masyarakat.” (Joko Murdowo)

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here