462 Cakades Siap Bertarung Pada Pilkades Serentak Wonogiri

0
36
pelantikan-kades

WONOGIRI,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 462 orang telah ditetapkan menjadi calon Kepala Desa (Cakades). Mereka akan mengikuti pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Wonogiri 25 September mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Wonogiri Semedi Budi Wibowo melalui Kabid Pemerintahan Desa Zyqma Idatya Fitha menerangkan, sebelumnya ada 465 pendaftar bakal calon Kades. Setelah menjalani seleksi, hanya 462 orang yang ditetapkan menjadi calon Kades, sehingga ada 13 orang yang dinyatakan tidak lolos menjadi calon Kades.

Fitha mengatakan, 13 orang itu tidak lolos sebagai calon Kades karena berbagai faktor. Antara lain tidak melengkapi berkas persyaratan dan ada pula Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mendaftar namun tidak memperoleh izin dari Bupati Wonogiri. Sementara itu, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di seluruh desa yang menggelar Pilkades sebanyak 529.426 orang.

25 September

Perlu diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Wonogiri akan diikuti sekitar 186 dari 251 desa. Pendaftaran calon Kades dilaksanakan tanggal 1-13 Agustus. Pengumuman calon Kades yang berhak dipilih dilaksanakan tanggal 13 September. Kampanye dilaksanakan 17-19 September dan pemungutan suara dilaksanakan tanggal 25 September.

Beberapa calon Kades merupakan pasangan suami isteri atau masih bersaudara. Data dari Dinas PMD menunjukkan paling tidak ada 24 desa yang calon Kadesnya adalah pasangan suami isteri. Selain itu ada 18 desa yang calon Kadesnya masih bersaudara.

Di sisi lain, jumlah calon Kades perempuan sebanyak 65 orang, sedangkan calon Kades laki-laki sebanyak 397 orang. Adapun jumlah petahana yang kembali mencalonkan diri dalam Pilkades ini berkisar 170 orang. (Khalid Yogi)

Editor : Budi Sarmun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here