Kebakaran Gunung Merbabu Kian Meluas

0
21
lereng-merbabu-terbakar
FOTO/kabar24

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com  – Meski sudah dilakukan upaya pemadaman, kebakaran di Gunung Merbabu semakin meluas. Hingga Jumat (13/9), luasan areal yang terbakar mencapai 100 hektare – 150 hektare.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti, semula kebakaran hanya di wilayah Desa Wonolelo, Magelang dengan luasan hanya 10 hektare. Namun kini semakin meluas dan mengarah ke atas Gunung Merbabu.

“Termasuk juga ke wilayah Selo, Boyolali,” katanya.

Antisipasi pemadaman kebakaran terus dilakukan BTNGMb dengan berkoordinasi utamanya dengan BPBD sekitar Gunung Merbabu, yakni BPBD Magelang, Boyolali, dan Semarang. Selain itu BTNGMb juga berkoordinasi dengab jajaran relawan dan masyarakat sekitar untuk upaya pemadaman.

“Pagi hari, para relawan dan masyarakat sudah naik dari arah Ampel untuk membantu memadamkan kebakaran.”

Cuaca Panas

Pihaknya juga berharap api dapat segera dipadamkan. Hanya saja kondisi kering dan cuaca panas serta kencangnya angin menjadi kendala. Ditambah medan yang berat di lereng Gunung Merbabu yang mempersulit upaya untuk mencapai titik api.

Disinggung tentang upaya penyelamatan para pendaki, dia mengaku, semua pendaki dalam keadaan selamat. Para pendaki tersebut sebelumnya dijemput langsung petugas dan sudah berhasil diturunkan.

“Ada puluhan pendaki yang naik dari lima jalur pendakian. Namun semua sudah berhasil dievakuasi dengan selamat.” (G10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here