Kembangkan Wisata Simbarjoyo Secara Bertahap

0
11
Kades-Jonggrangan-Sunarna
FOTO DIRI : Kades Jonggrangan Sunarna. (suaramerdekasolo.com/Merawati Sunantri)

PEMERINTAH Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten berencana mengembangkan kawasan Sendang Simbarjoyo menjadi obyek wisata. Namun, pembangunannya akan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan keuangan desa.

Saat ini, Pemerintah Desa Jonggrangan sudah melakukan pembangunan joglo dan bangsal di kawasan Sendang Simbarjoyo. Pembangunannya menggunakan anggaran berasal dari Dana Desa ditambah dengan dana dari bantuan keuangan Bupati Klaten.

‘’Rencananya, kami memang akan mengembangkan kawasan Sendang Simbarjoyo menjadi obyek wisata. Namun pembangunannya membutuhkan anggaran yang cukup besar, sehingga kami lakukan secara bertahap,’’ kata Kades Jonggrangan, Sunarna.

Saat ini, ada event budaya yang selalu digelar warga Jonggrangan setiap tahun, yakni upacara bersih desa ditandai dengan kirab gunungan hasil bumi, rebutan gunungan dan aneka hiburan. Acara itu selalu mampu menarik ribuan warga untuk hadir memeriahkan kegiatan.

Tradisi yang sudah berjalan secara turun temurun itu cukup unik dan bisa dikembangkan menjadi event wisata. Selain itu, pengembangan kawasan itu sendiri perlu kreasi dan inovasi agar bisa menarik pengunjung. Sayangnya, bila musim kemarau sendang itu surut airnya. Berbeda bila musim penghujan, air sendang berlimpah.

‘’Bila musim hujan air sendang melimpah, sering digunakan untuk bermain anak-anak. Namun bila kemarau airnya kering, hanya ada salah satu tempat yang tidak pernah kering dan sering digunakan memancing. Ke depan akan dikembangan untuk obyek wisata, pembangunannya sudah dilakukan sedikit demi sedikit,’’ ujar Sunarna.(Merawati Sunantri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here