UTP Sambut Kehadiran Mahasiswa Asing

0
31
utp-solo-sambut-mahasiswa-asing
PENYAMBUTAN: Rektor UTP Prof Dr Tresna Priyana Soemardi bersama para mahasiswa asing seusai acara penyambutan. (suaramerdekasolo.com/Evie K)
 
*Perluas Kerjasama Hingga Korea 
 
SOLO,suaramerdekasolo.com-Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta menggelar Cultural Exchange Event bertempat di Aula Kampus 1 Selasa (10/9). 
 
Dalam kegiatan tersebut,  UTP memberikan sambutan pada mahasiswa asing hasil pertukaran pelajar dari beberapa negara seperti Timor Leste, Libya, Mesir, Vietnam, Laos, Zimbabwe, Uganda, dan Tiongkok.
 
Kegiatan tersebut sekaligus melepas mahasiswa asal Thailand yang akan kembali ke negaranya setelah jangka waktu program berakhir.  
 
Rektor UTP Prof Dr Tresna Priyana Soemardi dalam sambutannya mengapresiasi mahasiswa asing yang belajar di UTP ataupun mahasiswa UTP yang belajar di negara lain melalui berbagai program.
 
Hal itu salah satu misinya adalah penguatan kerjasama internasional.  Ia menekankan bahwa sudah tidak ada lagi penghalang berarti antar negara dikarenakan kecanggihan teknologi atau yang biasa disebut sebagai revolusi industri 4.0. 
 
“Ini sekaligus penutupan program pertukaran mahasiswa dari Thailand melalui program SEA Teacher yang dikoordinasi oleh Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) serta penyambutan kembali mahasiswa UTP dari Filipina yang mengikuti program yang sama,” kata Rektor. 
 
Prigram Sinergi
 
Dipaparkan, kemitraan UTP dan SEAMEO telah berjalan dalam dua program sinergis antaralain SEA Teacher untuk pertukaran dosen dan SEA TVET untuk join riset. Selain itu juga kerjasama antara UTP dengan Universidade Da Paz di Timor Leste. 
 
Kepala KUI Mohammad Ali Yafi, menyataka rangkaian kegiatan pertukaran mahasiswa  penting dilakukan untuk terus memberikan wawasan kepada mahasiswa terhadap dunia internasional. Selain juga dalam rangka kerjasama antar institusi di kancah global.
 
Dua hal itu pulalah yang melatar belakangi dibentuknya KUI yang baik secara administratif dan substantif membantu tugas Rektor dalam kerja-kerja internasionalisasi. Hingga saat ini, UTP telah menjalin kerjasama dengan pelbagai pihak di luar negeri seperti Malaysia, Timor Leste, Filipina, Tiongkok dan akan mengepakkan sayapnya ke Korea Selatan.
 
Kegiatan ini juga dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dari pelbagai negara seperti Libya, Mesir, Vietnam, Laos, Zimbabwe, Uganda, dan Tiongkok. Mereka menunjukkan kebolehan mereka dalam berkesenian untuk merepresentasikan budaya lokal. Tak hanya itu, mereka juga diberi kesempatan untuk menyampaikan paparan terkait keunikan negara mereka melalui diskusi panel. 
 
Ketua Panitia Penyelenggara Cultural Exchange Event, Diyah Nur Hidayati berharap  kegiatan bisa berkesinambungan. Ke depan,  diharap diselenggarakan kegiatan lebih besar dan melibatkan lebih banyak perwakilan dari universitas-universitas mitra UTP. (Evie Kusnindya)
 
Editor :Budi Sarmun
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here