Perburuan Mata Air Berlanjut, Luweng Jenar Diyakini Bisa Untuk Menyuplai Air

0
441
luweng-jenar-wonogiri
MEMERIKSA LUBANG : Seorang warga memeriksa lubang sumber air yang baru saja ditemukan di Dusun Jenar RT4 RW15 Desa/Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, belum lama ini. (suaramerekasolo.com/Khalid Yogi)
 
WONOGIRI,suaramerdekasolo.comSumber air yang baru ditemukan warga di Dusun Jenar RT4 RW15  Desa/Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri diyakini dapat menyuplai air bersih untuk warga sekitar. Masyarakat setempat telah mencoba menyedot air dari dalam luweng (saluran bawah tanah) baru itu dengan menggunakan mesin pompa.

Camat Pracimantoro Warsito mengatakan, pihaknya telah mencoba menyedot sumber air tersebut dengan mesin pompa selama empat jam. “Disedot selama empat jam, airnya cuma surut 30 sentimeter,” katanya, baru-baru ini.

Oleh karenanya, dia memperkirakan air tersebut mengalir meskipun dengan debit yang kecil. “Alirannya ada, tapi kecil. Kami juga melakukan uji coba dengan melarutkan pewarna di sumber air baru itu. Ternyata, airnya mengalir ke sebuah telaga di dekatnya,” terangnya.
 

Baca : Mahasiswa Pecinta Alam Masuk Luweng Gendayakan Mencari Sungai Bawah Tanah

Andaikata debit airnya besar, pihaknya berkeinginan menggerakkan warga untuk membangun kolam renang di telaga yang berada di dekat Luweng Jenar. “Tembok dan fondasi bangunan kolamnya sudah ada. Tinggal diperbaiki dan diplester lagi bisa jadi kolam renang,” ujarnya.

Di sisi lain, sekitar mulut luweng tersebut kini masih ditutup. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi apabila tanah di atasnya amblas lagi. “Luwengnya masih saya tutup. Takutnya kalau ada anak-anak ke situ, bisa berbahaya,” terangnya.
 
 
Baca : Dalam Sehari Dua Kandang Ludes Diamuk Si Jago Merah

Seperti diketahui, Misran (50) seorang penggali batu menemukan sebuah sumber air bawah tanah di Dusun Jenar RT4 RW15 Desa/Kecamatan Pracimantoro, 2 Juli lalu. Penggali batu tersebut terkejut ketika batu yang hendak dia belah amblas ke dalam tanah.

Setelah diperiksa, di dalamnya terdapat rongga yang lebih besar dan sebuah kolam dengan diameter mencapai sepuluh meter. Adapun kedalaman airnya sekitar tujuh meter. (Khalid Yogi)
 
Editor : Hartanto Gondes
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here