SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo Gelar Ujian Berbasis Android

0
30
ujian-sistem-berbasih-android-IMG-20190916-WA0028
UJIAN BERBASIS ANDROID : Siswa SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo sedang mengerjakan soal ujian dengan memakai sistem berbasih android. (suaramerdekasolo.com/Ari Welianto)

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 525 siswa SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo mengikuti ujian atau Penilaian Tengah Semester (PTS) berbasis android, Senin (16/9). Sistem ujian berbasis android ini merupakan baru yang pertama di Kabupaten Sukoharjo dengan semua mata pelajaran (mapel) di SMK Kesehatan Citra Medika.

“Pada PTS kali ini kami sudah memakai ujian berbasis android. Modelnya itu seperti siswa memakai komputer yang sudah berlangsung, tapi kalau ini lewat android,” terang IT PTS SMK Kesehatan Citra Medika Sukoharjo, Ryan Andriyanto, kemarin.

Ujian berbasis android ini sebagai persiapan bagi siswa untuk menyambuat era 4.0. Jadi semua itu harus berbasis digital, sehingga pada ujian tengah semester tahun 2019 ini dilakukan dengan berbasis android. Ujian berbasis andoroid ini berlangsung mulai 16-23 September.

“Sekarang eranya itu sudah modern dan akan menghadapi era 4.0. Jadi ini untuk menyambut ke arah sana dan kedepan semua siswa sudah siap,” kata dia.

Untuk sistemnya itu, siswa terlebih dahulu harus mendownload aplikasi playstore bernama Zambro. Kemudian siswa memasukan kode token yang telah diberikan masing-masing siswa untuk mendapatkan soal ujian. Misalnya, siswa ujian pukul 07.30 WIB, lalu anak memasukan token itu sesuai kelas maupun identitas, setelah itu baru mengerjakaan.

“Jadi semua pertanyaan dan jawaban itu sudah lewat android, bahkan saat jawaban salah ada penjelasannya. Untuk memperlancar sistem ini, maka jaringan internet dan listrik dipastikan aman tidak ada masalah. Internet dibuka disetiap lantai,” papar Humas SMK Kesehatan Citra Medika ini.

Tetap Diawasi

Guna mencegah adanya kecurangan dari siswa, aplikasi ujian sengaja disetting tidak bisa dikeluarkan selama mengerjakan soal. Meski memakai ujian lewat android, pengawasan dari guru tetap ada. “Jadi aplikasi ini tidak bisa keluar. Kalau yang menjadi kendala itu, ada HP siswa tidak support dan dari sekolah meminjamkan. Ini juga sudah kami simulasikan dulu sebelum digelar, jadi siswa sudah paham,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Kesehatan Citra Medika, Arif Yudistira mengatakan dengan sistem ini akan efektif dan maksimal jika dibandingkan dengan pengerjaan biasa. Jika memakai kertas harus koreksi dulu dan itu membutuhkan waktu lama. “Kalau dengan ini siswa selesai sudah muncul nilai, jadi langsung. Ini lebih transparansi, anak nilainya berapa sudah langsung tahu,” ujar dia.

Sebelum menerapkan sistem ini terlebih dahulu konsultasi dengan pengawas sekolah Dinas Pendidikan dan kebudayaan Sukoharjo. “Kami minta ijin dulu diperbolehkan atau tidak. Dari pengawas sekolah sangat mendukung, karena kelas tiga nanti ujian sudah berbasis computer,” tandasnya. (Ari Welianto)

Editor : Nindya Achmadi 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here