Alat Sederhana Ini Bisa Atasi Sesak Nafas Akibat Asap di Riau dan Palangkaraya

0
20
Alat-Sederhana-Ini-Bisa-Atasi-Sesak-Nafas-Akibat-Asap
DIPERAGAKAN: Tim Dokter FK UNS memeragakan penggunaan alat bantu pernafasan surgeons air filter portabel. (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)
SOLO suaramerdekasolo.com – Musibah kabut asap akibat kebakaran hutan yang terjadi di Riau dn Palangkaraya memantik kepedulian para dokter dan akademisi di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS).
 
  Mereka menginovasi alat bantu pernafasan yang bisa mengurangi dampak kesehatan dari asap. Alat tersebut selain dibagikan juga akan diajarkan pada masyarakat agar bisa memperbanyak sendiri sesuai kebutuhan karena bahan bakunya murah dan pembiatannya juga gampang. 
 
“Kami menciptakan alat bantu pernafasan yang fungsinya lebih bagus dibanding dengan masker yang biasa digunakan oleh warga yang terpapar asap kebakaran hutan. Alat itu diberi nama Surgeons of UNS (SUNS) Portable Air Filter,” kata Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Dr dr Reviono SpP(K). 
 
Sementara itu, dr Darmawan Ismail Sp. BTKV menambahkan bahwa alat bantu pernafasan SUNS mulai diciptakan tahun 2015 dan sudah dilakukan ujicoba.
 
“Udara yang dihirup ketika menggunakan alat tersebut lebih bersih,” ujar Darmawan.
 
Adapun prinsip kerjanya yaitu udara masuk ke kotak humidifier melewati filter depan yang dilembabkan dengan air dan detergen sehingga berfungsi sebagai penyaring, aroma theraphy, dan detergen bekerja sebagai pengikat karbon atau penyaring.
 
Kemudian udara bersih dihirup melalui selang dan melewati katup bagian bawah dari masker. Lalu udara kotor dibuang melalui katup bagian atas dari masker dan keluar dari sistem SUNS (tidak bercampur). 
 
“Kami desain seperti tas, ada yang bentuknya ransel di belakang, tas samping kemudian ada selang yang menghubungkan sampai hidung. Bahkan ada yang didesain memiliki selang dua untuk ibu dan anak jika masih digendong. Sehingga mau dibawa kemana-mana praktis,” paparnya.(Evie Kusnindya) 
 
Editor : Hartanto Gondes
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here