Genjot Agrosociopreneur, PT Petrokimia Gresik Gelar Roadshow

0
37
PT-Petrokimia-Gresik-Gelar-Roadshow
ROADSHOW: Petrokimia Gresik menggelar roadshow di Fakultas Pertanian UNS, Rabu (18/9). (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)
SOLO,suaramerdekasolo.com – Minat dan partisipasi generasi muda di bidang pertanian yang sangat rendah menjadi kekhawatiran tersendiri. Para petani yang ada mayoritas sebagian besar berusia lanjut dan sangat jarang berusia dari kalangan muda.  
 
Sebab peran serta generasi muda di sektor pertanian sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional. 
 
“Berdasarkan data dari BPS tahun 2018 mengenai survei antarsensus menyatakan bahwa lebih dari 65% Petani berumur di atas 45 tahun. Data sensus pertanian 2013 juga menyatakan bahwa dalam 10 tahun jumlah Rumah Tangga Petani turun 20 persenatau hilang sebesar 15,6 juta. Ini sangat mengkhawtirkan,” kata Trudo Nainggolan, manager Penjualan pupuk korporasi Petrokimia Gresik saat menggelar roadshow di Fakultas Pertanian UNS,  Rabu (18/9). 
 
Sementara itu, lanjutnya,  berdasarkan data dari BPS tahun 2013, setiap tahun pertumbuhan penduduk Indonesia akan terus meningkat dan pertumbuhan penduduk tersebut berbanding lurus dengan kebutuhan pangan nasional, yang artinya peran serta generasi muda di sektor pertanian sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.
 
Berangkat dari kekhawatiran tersebut , PT Petrokimia Gresik melakukan roadshow Sahabat Petani Fest dan CEO Talk bekerja sama dengan Fakultas Pertanian di 12 universitas ternama di Indonesia, salah satunya UNS. 
 
“Hal itu sekaligus mendorong jumlah agrosociopreneur di Indonesia,” katanya. 
Dikemukakan,  PT Petrokimia Gresik memberikan kesempatan bagi anak muda yang memiliki minat dan konsentrasi dalam memajukan sektor Pertanian di Indonesia dalam kegiatan Jambore Petani Muda 3.
 
Pendaftaran kompetisi Jambore Petani Muda 3 dibuka terhitung sejak 
10 September hingga 6 November  mendatang dengan melakukan roadshow “Petrokimia Gresik Goes to Campuss” selama  September 2019. Kegiatan tersebut menurutnya untuk melakukan sosialisasi kegiatan melalui Sahabat Petani Fest dan CEO Talk  yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa per masing-masing universitas tanpa dipungut biaya.
 
Kegiatan tersebut diharapkan dapat memacu semangat dan pengembangan agrosociopreneur generasi muda di bidang pertanian. Adapun PT Petrokimia Gresik akan berperan sebagai wadah dalam menjembatani start up dan generasi muda sehingga bisa saling menyampaikan idenya. (Evie Kusnindya)
 
Editor : Budi Sarmun
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here