Pembentukan Fraksi DPRD Dikebut, Agus Riyanto Pimpin F PDIP

0
23
Pembentukan-Fraksi-DPRD-klaten
RAPAT PIMPINAN: Pimpinan DPRD Klaten sementara mengadakan rapat dengan sekretariat DPRD. (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Pembentukan fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Klaten dikebut dalam bulan ini. Setelah rapat pimpinan sementara dengan sekretariat, Rabu (18/9) diputuskan mengadakan rapat paripurna sehari kemudian.

Kasubag Persidangan dan Risalah Sekretariat DPRD Kabupaten Klaten, Heru Purwantoro mengatakan berdasarkan hasil rapat sekretariat dengan pimpinan sementara DPRD dihasilkan beberapa keputusan.

” Rapat paripurna dilaksanakan tanggal 19 September ini,” jelasnya, Rabu (18/9) usai rapat di DPRD.

Rapat di ruang transit dihadiri Ketua DPRD sementara, Agus Riyanto dan Wakil Ketua DPRD sementara, Triyono. Dari sekretariat dihadiri Plt Sekretaris DPRD Klaten, F Pratiwi dan Kabag Persidangan, Joko Triyanto.

Menurut Heru, dalam rapat paripurna itu agenda utamanya adalah membacakan surat masuk dari masing-masing partai yang isinya nama personel pengurus fraksi. Setelah itu akan ditetapkan karena fraksi sudah terbentuk. Dari sembilan partai politik semua sudah mengirimkan nama dan susunan fraksi. Termasuk fraksi gabungan yang jumlahnya hanya satu.

Rapat paripurna akan dihadiri tamu undangan termasuk dari Bupati dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan tokoh masyarakat. Dengan dilaksanakan rapat paripurna tanggal 19 September maka tidak melebihi batas waktu yang diatur Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ kota.

Dalam PP, lanjut Heru, ada waktu satu bulan sejak dilantik bagi DPRD untuk membentuk fraksi. Sebelumnya diberitakan, DPRD baru memiliki waktu sebulan untuk membentuk fraksi. (Achmad H)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here