Sempat Gunakan Bahan Peledak Tetapi Diurungkan, Batu Keras Adang Pembangunan Kretegbang

0
25
pembangunan-kretegbang
MEMBANGUN REL : Sejumlah pekerja membangun rel di jembatan kereta api Kretegbang, jalan Ahmad Yani, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Rabu (18/9). (suaramerdekasolo.com/Khalid Yogi)
WONOGIRI,suaramerdekasolo.comJembatan kereta api Kretegbang di jalan Ahmad Yani, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri kini telah memasuki tahap penggeseran rel kereta. Rel kereta lama mulai diganti dengan yang baru. Rel baru tersebut mampu menahan beban lebih berat dan bisa dilewati kereta-kereta panjang.

Koordinator Teknis Satker Peningkatan Jalan Kereta Api Lintas Selatan Jawa I, Sigit Purnomo mengungkapkan, beberapa kendala sempat menghadang saat menggali dan memperlebar jalan di bawah jembatan tersebut.
 
“Ternyata, di bawah jalan itu batu-batuan keras,” katanya usai melaksanakan penggantian rel lama dengan rel baru, Rabu (18/9).

Pihaknya sempat berpikir menggunakan bahan peledak guna menghancurkan bebatuan tersebut. Namun karena berpotensi mengganggu masyarakat di sekitarnya, penggunaan bahan peledak urung dilaksanakan.
 
“Tidak jadi diledakkan, nanti malah mengganggu kanan kiri. Akhirnya pakai breaker (mesin pembelah batu) saja,” ujarnya.

Jembatan kereta tersebut kini ditinggikan 40 sentimeter. Adapun badan jalan di bawahnya dikeruk sedalam 40 sentimeter. Alhasil, jarak antara jembatan kereta dengan badan jalan menjadi lebih tinggi, sehingga kendaraan-kendaraan yang besar dan tinggi lebih leluasa melewatinya. Selain itu, badan jalan diperlebar dari delapan meter menjadi 12 meter kemudian ditambah trotoar di kanan kiri jalan.

Untuk meninggikan jembatan kereta api, pihaknya juga harus meninggikan rel dengan radius hingga ratusan meter. “Rel dalam jarak 200 meter dari jembatan juga ikut ditinggikan supaya langsam. Gradiennya tidak boleh lebih dari 1,5%,” terangnya.
 
Penggeseran Rel KA

Sementara itu, penggeseran rel kereta api di Kretegbang disaksikan oleh Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, Kajari Wonogiri Agus Irawan Yustisianto dan kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri Ismiyanto.

Wakil Bupati Edy Santosa berharap pembangunan Kretegbang akan memperlancar lalu lintas yang menjadi akses utama di kabupaten tersebut. Selain itu dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas dan memperindah wajah kota. (Khalid Yogi)
 
Editor : Heru Susilo
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here