Atraksi Panahan Gadis Kirgiz, Tutup Wajah Memanah Dengan Kaki

0
30
pemanah-Kirgiz1

KYRGZSTAN,suaramerdekasolo.com – Bangsa Kirgiz adalah salah satu suku bangsa Turk yang menghuni Asia Tengah, terutama di Kirgizstan. Mereka juga tersebar di Uzbekistan, Rusia, Tajikistan.

Nah, Suku Kirgiz ini memiliki tradisi yang kental dengan dunia memanah. Baru-baru ini akun facebook milik Yakup Ar membagikan sebuah video pendek tentang kelihaian suku Kirgiz. Dalam video berdurasi tak lebih dari empat pulu detik itu, ditampilkan pertunjukan panahan pernapasan dari gadis Kirgiz membuat wisatawan berdecak kagum.

Atraksi yang terbilang langka ini menunjukkan gadis suku Kirgiz dengan badan meliuk dan memakai pakaian tradisional. Ia naik dalam sebuah besi dua tingkat. Ia pun memasang busur ke tali panah. Lalu wajahnya ditutup dengan kain hitam.

Nah, hal yang membuat penonton berdecak kagum adalah si gadis memegang panah beserta busur dengan menjepitnya di jari kaki kanan. Lalu kedua tangannya memegang dua besi penahan dengan posisi kaki di atas.

Sambil menjaga kesimbangan, si gadis ini lalu menggunakan kaki kiri menarik busur dan membidik target di depannya yang berjarak sekitar sepuluh meter dan plasss… busur menuju targetnya… Aksi memanah ini, berhasil dan seluruh penonton bertepuk tangan.

pemanah-Kirgiz2

 

Sungguh, aksi yang menajubkan ini menunjukkan kelebihan si gadis yang memiliki kelenturan tubuh, ketepatan dan teknik membidik sasaran dengan panah yang bagus serta konsentrasi yang prima. Dan tentu saja hiburan ini menarik perhatian wisatawan.

“Seni seorang gadis desa luar biasa, ” kata Yakup Ar. Video pendek ini dibagikan 9,3 ribu kali dan di emotion 1,8 ribu orang. (*)

pemanah-Kirgiz3

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here