Usai Lebaran Banyak Dusun Di Sragen Kekeringan

0
bantuan-air-bersih-alumni-sma 4
BANTU AIR BERSIH: Alumni SMP 4 Sragen yang memberikan bantuan air bersih kepada warga Dusun Gobang, Banyurip, Jenar yang mengalami kekeringan sejak seusai Lebaran. (suaramerdekasolo.com/Basuni Hariwoto)

SRAGEN,suaramerdekasolo.com – Beberapa tempat di wilayah Utara aliran Bengawan Solo di Kabupaten Sragen, ternyata sudah mengalami kekeringan dan krisis air bersih seusai Lebaran tahun ini. Salah satunya adalah Dusun Gobang, Desa Banyurip, Kecamatan Jenar.

Praktis, saat ini warga di dusun tersebut mengandalkan bantuan atau pasokan air bersih, yang dikirim oleh Pemkab Sragen atau dari perusahaan atau komunitas yang sering menggelar bakti sosial pemberian air bersih.
Kekeringan yang melanda sejumlah wilayah seperti Dusun Gobang ini tak pelak memantik kepedulian sejumlah pihak.

Salah satunya datang dari para alumni SMP 4 Sragen, yang memberikan bantuan air bersih pada Jumat (20/9) lalu. Sebanyak empat truk tangki dikirimkan untuk bisa membantu warga dusun yang sangat membutuhkan air bersih untuk keperluan hidup sehari-hari.

Perangkat Dusun Gobang, Sukardi mengakui selama kurun waktu beberapa bulan ini warga setempat kekurangan air bersih. Kekeringan sudah mulai terjadi sejak setelah Lebaran lalu. Dimana sumur-sumur milik warga, sungai dan sumber air yang ada mulai susut dan kemudian kering sama sekali. “Warga jelas sangat susah dan menderita karena kekeringan, sebab mereka membutuhkan air bersih setiap harinya,” kata Sukardi.

Butuh Bantuan

Adanya bantuan air bersih dari berbagai pihak, seperti dari alumni SMP 4 Sragen itu tentu sangat membantu masyarakat. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan kepada warga di sini. Semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat,” kata Sukardi kepada rombongan alumni SMP 4 Sragen.

Joko Suwoto salah satu alumni SMP 4 Sragen itu mengatakan, bantuan air bersih itu adalah bentuk kepedulian terhadap daerah-daerah yang mengalami kekeringan, seperti saat ini.

“Kami melihat kebutuhan mendesak bagi saudara-saudara kita yang tinggal di Dusun Gobang ini. Mereka pasti butuh air bersih setiap harinya,” kata Joko, yang asli Dukuh Mlokolegi, Desa Celep, Kecamatan Kedawung ini.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya bersama alumni SMP 4 Sragen menyerahkan bantuan air bersih sebanyak empat tangki. Tak pelak, warga Dusun Gobang khususnya yang ada di lingkungan RT 5 menyambut antusias bantuan tersebut. Joko yang seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Karanganyar ini mengungkapkan, mereka peduli bergerak sebab menurut pengakuan warga sudah sejak Lebaran lalu wilayah setempat dilanda kekeringan.

Kebutuhan air untuk lahan pertanian dan kebutuhan sehari-hari sangat susah diperoleh. Karenanya, dia bersama para alumni akan kembali mengadakan penyerahan bantuan air bersih di wilayah lain.

“Kebutuhan air bersih mutlak diperlukan sebagian warga Sragen saat ini. Kami akan terus menggelar kegiatan sosial berupa pembagian air bersih seperti ini di tempat lain. Apalagi saat ini adalah puncak kemarau,” tandasnya. (Basuni Hariwoto)

Editor : Budi Sarmun 

 

 

Tinggalkan Pesan