Peduli Korban Asap, Siswa SD PK Kotabarat Kumpulkan Donasi

0
14
Siswa-SD-PK-Kotabarat-Kumpulkan-Donasi
DONASI: Para siswa SD Muhammadiyah PK memasukkan donasi untuk korban asap. Pengumpulan dan dilakukan di sekokah setempat. (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)
SOLO suaramerdekasolo.com– Para siswa di SDMuhammadiyah Program Khusus (PK) Kotabarat Surakarta ini diajak untuk peduli terhadap saudara sebangsanya yng terkena bencana kabut asap. 
 
Mereka melakukan kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana dengan tajuk
“Peduli Bencana Asap Sumatra dan Kalimantan” berlangsung di hall sekolah.
 
Kegiatan diawali dengan apel pagi dan dilanjutkan doa bersama untuk para korban kabut asap. Selesai doa bersama yang dipimpin oleh guru agama, para siswa secara bergantian memberikan donasi bagi korban bencana dengan cara memasukkan uang ke dalam kotak yang sudah disiapkan oleh guru.
 
Sehari sebelumnya, sekolah telah mengumumkan kepada para siswa supaya membawa uang seikhlasnya untuk membantu korban bencana kabut asap. Himbauan juga disebarkan melalui grup Whatsapp orang tua siswa.
 
Selain penggalangan dana ini, para siswa juga berinisiatif menyumbangkan uang infaq harian mereka yang setiap hari dimasukkan ke dalam “Kencleng Surga”. Program ini merupakan kerjasama antara sekolah dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (LAZISMU) Solo. Setiap siswa diberikan sebuah kaleng yang dimodifikasi menjadi seperti celengan untuk tempat mereka memasukkan infaq harian.
 
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Humas Muhamad Arifin,  mengungkapkan doa bersama dan penggalangan dana ini merupakan bentuk kepedulian warga sekolah terhadap para korban bencana.
 
“Kami ingin mengajarkan nilai-nilai kepedulian dan empati kepada para siswa,” terangnya.
 
Arifin menambahkan bahwa kegiatan ini berhasil mengumpulkan dana Rp 19 juta dan  disalurkan melalui Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Surakarta.
 
Sumbang Dana 
 
Salah satu siswa kelas IV, Keanu Raditya Putra Raharja mengaku sangat bersedih dengan peristiwa bencana kabut asap yang melanda wilayah Sumatra dan Kalimantan. Dia tidak habis pikir dengan orang-orang yang tega membakar hutan sehingga menyusahkan banyak warga masyarakat.
 
“Saya sangat sedih dengan kejadian ini apalagi kemarin diberitakan ada bayi yang sampai meninggal”, ungkapnya..
 
Keanu mengaku ikut menyumbang  dana untuk para korban bencana karena baru itu yang bisa dia perbuat. Dia berharap kebakaran hutan bisa segera diatasi sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan normal. (Evie Kusnindya) 
 
Editor : Heru Susilo
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here