Up Date Lowongan CPNS : Karanganyar Ajukan 500-an Lowongan Untuk Rekrutmen ASN

0
images-lowongan-cpns-karanganyar
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYA,suaramerdekasolo.com –Karanganyar mengusulkan tambahan ASN (Aparatur Sipil Nasional) dalam rekrutmen yang akan dilaksanakan Oktober mendatang.

Namun usulan itu masih menunggu apakah akan diterima semua atau hanya sebagian yang disetujui oleh Men PANRB.

‘’Biasanya KemenPANRB menilai setelah melihat kemampuan APBD, faktor geografis dan juga jumlah pegawai dibanding penduduk wilayah tersebut apakah masih sesuai atau perlu penambahan,’’ kata Siswanto, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, Kamis.

Usai acara penyerahan SK kenaikan pangkat ASN Karanganyar, dia yang baru saja mengikuti rapat soal usulan rekrutmen ASN itu mengatakan, dari ketiga faktor itu Karanganyar masih aman. Soal APBD disyaratkan maksimal 50 persen untuk membayari gaji ASN, ini Karanganyar baru 44 persen.

Soal geografis tidak ada masalah karena wilayahnya masih terjangkau. Dan soal jumlah penduduk yang besarnya sekitar 060.000 dibanding jumlah ASN yang idealnya 13.600-an namun saat ini hanya tersedia 9.150 orang saja.

Karena itu berdasarkan kriteria semua masih wajar sehingga harapannya proses ajuan itu lolos. Namun semua terserah pada Kemen PANRB yang menentukan karena juga mempertimbangkan secara nasional.

Pendidikan dan Kesehatan

Siswanto mengatakan, sektor terbesar masih pendidikan dan kesehatan, karena saat ini jumlah guru SD yang lowong saja sudah mencapai sekitar 1.000 orang, belum tenaga teknis di bidang kesehatan, dan tenaga fungsional lainnya yang juga cukup banyak. Yang pensiun saja rata-rata 400-500 orang pertahun.

Biasanya setelah proses ajuan diterima disusul penandatanganan kesepatan bersama bahwa Bupati selaku pimpinan dan pembina ASN masih sanggup jika mengadakan rekrutmen sebesar itu. Setelah MoU diteken, baru kemudian dimulai proses pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi, dan pengumuman.

‘’Intinya kami sudah siap dengan itu semua, termasuk penganggaran untuk proses seleksi sampai pengumuman dan prajabatan, serta keperluan lain. Sebab semua instansi terkait harus sudah disiapkan begitu persetujuan keluar dari Kemen PANRB, misalnya Baperlitbang, Badan Keuangan, Bagian Pemerintahan, dan instansi lain.’’

Yang jelas setelah semuanya diproses, maka tinggal menunggu persetujuan dari Kemen PANRB, dan selanjutnya semua jalan.

Rekrutmen itu nanti dilaksanakan tidak hanya untuk luluan S1 saja, namun juga untuk diploma tergantung kebutuhannya apa.(Joko DH)

Editor : Budi Sarmun

 

Tinggalkan Pesan