Kota Solo Sekitarnya Terasa Panas Banget, Ada Fenomena Apa ?

0
IMG_20191003_123423-cuaca-panas-solo
BERTEDUH : Para pemakai jalan di simpang empat Fajar Solo memilih berteduh sambil menunggu bangjo di bawah terik sinar matahari. (suaramerdekasolo.com)

SOLO,suaramerdekasolo.com – Berapa hari terakhir, cuaca di Kota Solo dan sekitarnya lebih panas dari biasanya. Berdasarkan informasi dari BMKG lewat akun @infobmg, suhu pada siang hari mencapai 30 derajat. Dan suhu maksimal harian tercatat bisa mencapai 37 derajat celsius.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, suhu rata-rata Kota Solo 36 derajat celsius. Suhu di angka tersebut juga dirasakan di beberapa wilayah Jawa Tengah, terutama Semarang.

Fenomena seperti ini disebut hari bayangan benda tegak bertumpuk dengan bendanya. Fenomena ini juga dikenal sebagai hari tanpa bayangan.

Screenshot_20191003_235858,cuaca siap tempur
CUACA SOLO : Hasil oengamatan bmkg, oanas kota tertentu 30 derajat.

Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengatam fenomen ini disebut dengan kulminasi utama.

Pada saat tesebut, matahari akan berada tepat di atas kepala pengamat atau titik zenit. Peristiwa ini membuat bayangan benda tegak tampak menghilang karena bertumpuk dengan benda tersebut.

Fenomena hari tanpa bayangan dapat terjadi karena adanya bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi yang tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika atau bidang revolusi bumi.

Editor : Budi Sarmun

 

 

Tinggalkan Pesan