Masyarakat Berharap DPRD Tak Melempem, Pimpinan Baru Dilantik

0
pelantikan-pimpinan-dprd-klaten
PIMPINAN BARU: Pimpinan DPRD Klaten yang baru dilantik oleh ketua PN, Albertus Usada dalam rapat paripurna, Jumat (4/10). (suaramerdekasolo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.com – Elemen masyarakat berharap DPRD Kabupaten Klaten periode 2019-2024 tidak melempem dan memiliki kinerja lebih baik dibandingkan periode sebelumnya. Apalagi pimpinan DPRD definitif resmi dilantik, Jumat (4/10).

” Pimpinan DPRD baru semua, jadi diharapkan kinerja dan semangatnya pun baru,” ungkap Koordinator Aliansi Rakyat Anti Korupsi Kabupaten Klaten (ARAKK), Abdul Muslih, Jumat (4/10) di sela memantau prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah pimpinan DPRD Klaten periode 2019-2024.

Muslih menjelaskan, pimpinan DPRD merupakan nahkoda lembaga legislatif. Para pimpinan idealnya harus bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Terlebih tahun depan, DPRD akan mendapatkan fasilitas baru berupa gedung dan ruangan. Akan percuma fasilitas baru yang dibiayai dengan uang rakyat itu dinikmati jika tidak ada perbaikan dalam fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Satu hal yang menurut Muslih perlu menjadi catatan pimpian DPRD baru adalah masalah kunjungan kerja. Selama ini kegiatan kunjungan kerja banyak menyita waktu. Di tengah kemajuan teknologi sebenarnya kunjungan bisa dikurangi untuk efisiensi. Akan jauh lebih baik kunjungan diganti dengan pengawasan di masyarakat.

Dalam hal fungsi legislasi, pimpinan DPRD baru diminta tidak hanya mengejar banyaknya Perda tetapi tidak berkualitas. Lebih baik sedikit Perda tetapi benar-benar menyangkut hajat hidup masyarakat.

DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo mengatakan dukungan semua pihak sangat diharapkan sebab pimpinan akan bertambah menjadi percaya diri dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ” Sesuai pasal 33 PP 12/ 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tatib, Pimpinan DPRD memiliki beberapa tugas,” katanya.

Pelantikan yang dihadiri Bupati Klaten, Sri Mulyani, Muspida, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), tokoh Ormas dan masyarakat itu dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Klaten, Albertus Usada.

Empat orang pimpinan DPRD yang dilantik adalah Hamenang Wajar Ismoyo selaku Ketua DPRD (PDIP), Triyono ( Partai Golkar), Hariyanto ( Gerindra) dan Marjuki (PKS) selaku wakil ketua. Usai diambil sumpah dan penyerahan palu, ke empatnya menduduki kursi pimpinan di samping Bupati.

Tinggalkan Pesan