Ribuan Mahasiswa IAIN Surakarta di Wisuda

wisuda-iain-solo
DIWISUDA : Mahasiswa IAIN Surakarta mengikuti wisuda sarjana dan magister di Gedung Graha IAIN Tahun 2019. (suaramerdekasolo.com/Ari Wlianto)

 

SUKOHARJO,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 1.139 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengikuti wisuda sarjana dan magister ke 41 dan 42 tahun 2019. Proses wisudah digelar selama dua hari, Sabtu (5/10) dan Minggu (6/10) di Gedung Graha IAIN Surakarta.

Untuk wisuda hari pertama diikuti 544 mahasiswa dari Pascasarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Sedangkan untuk wisuda hari kedua diikuti 595 mahasiswa dari Fakultas Adab dan Bahasa, Fakultas Syariah, dan Fakultas Ilmu Tarbiyah. Pada wisuda sarjana dan Magister Ke-41 dan 42 ini mengusung tema, “Pengarusutamaan Kearifan Lokal dan Budaya untuk Moderasi Beragama”.

Rektor IAIN Surakarta, Mudofir mengatakan jika tema yang diambil itu untuk menegaskan kembali makna moderasi bersama dalam kontek kebangsaan. “Moderasi beragama harus selalu diberi konteks agar implementasinya relevan dalam kehidupan yang selalu berubah dengan cepatnya,” terang dia, kemarin.

Dia, berharap kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah meraih gelar sarjana dan magister ini agar bisa menjadi aktor moderasi beragama. Itu melalui peran sosial ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Para alumni juga harus menjadi ilmuwan organik yang memiliki kepedulian kepada masalah bangsa utamanya dalam peran dalam menciptakan stabilitas bangsa melalui pemanfaatan kearifan lokal dan budaya sebagai instrumen integritas NKRI,” papar dia.

Wisudawan Terbaik

Mudofir, juga meminta jika para alumni bisa menciptakan pekerja bukan malah menunggu. Tidak ada satu sebuah hasil yang diraih tanpa bekerja. Siapa yang bekerja keras maka akan memperoleh hasilnya, tapi malah sebaliknya dan itu yang harus diperhatikan para alumni.

“Allah tidak akan merubah nasib suat kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya,” ujarnya.

Sementara itu ketua panitia wisuda IAIN Surakarta, Abdul Matin Bin Salman mengatakan pada wisuda hari pertama terdapat beberapa wisudawan yang meraih Indeks Prestasi (IP) tertinggi. Itu seperti Zahrotun Nisa dari Fakultas Ushuludin dan Dakwah dari Program Study (Prodi) Ilmu Al Quran dan Tafsir yang meraih IP 3,62.

“Sebagai wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas adalah Ayu Irmasari Raharjanti SE dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Perbankan Syariah dengan IP 3,84 dan Ulya Rifah Rifqiya S.Sos Prodi Bimbingan dan Konseling Islam dengan IP, 3,80,” sambung dia.

Sedangkan dari S2 adalah Anisatul Barokah dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab dengan IP 3,85. Selain itu juga terdapat 2 mahasiswa yang tahfids Al Quran 30 Juz yakni Siti Nikmatul Fatimah dari Fakultas Ushuluddin dan Dawah Prodi Ilmu Al Quran dan Tafsir dengan IP 3,49 dan Oka Barokah Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Prodi Almu Al Quran dan Tafsir dengan IP 3,54. (Ari Welianto)

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here