Kabar Baik, Tahun Depan Dana Desa Karanganyar Naik Jadi Rp 167 Miliar

0
25
dana-desa
FOTO ILUSTRASI

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com  – Tahun depan ada kabar gembira bagi rakyat di pedesaan, dana desa Karanganyar yang tahun ini dialokasikan sebesar Rp 160 miliar, akan meningkat menjadi Rp 167 miliar. Alokasi dana itu akan didistribusikan untuk 162 desa.

‘’Saat ini kami sedang rapat untuk menentukan jumlah dana desa yang diterima desa. Paling sedikit ada yang Rp 800 juta, ada yang sampai Rp 1,4 miliar, tergantung kondisi desanya. Kami sudah memiliki indikator desa untuk menentukan. Dasarnya dari index kemiskinan desa tersebut,’’ kata Utomosidhi Hidayat, Kepala Dispermasdes, Selasa )8/10).

Dia mengatakan besaran dana desa itu masih ditambah lagi dengan alokasi dana desa (ADD) yang besarnya 10 persen dari APBD, diperkirakan Karanganyar sekitar Rp 230 miliar. Masih ada lagi bantuan keuangan dari Pemprov Jateng dan Pemkab Karanganyar.

Baca : Pemkot Surakarta Raih Peringkat Sembilan Penghargaan Innovative Government Award 2019

Baca : Kelanjutan Tol Joglo Belum Jelas, Warga Penasaran Kegiatan Pemasangan Patok

Karena itu desa memang menjadi sasaran utama untuk pengembangan, sehingga bukan saja untuk infrastruktur desa dana tersebut, namun juga untuk pemberdayaan masyarakat.

‘’Infrastruktur saya kira sudah hampir selesai untuk desa di wilayah Jawa ini, sehingga dana bisa lebih fokus untuk pengembangan dan pemberdayaan rakyat, sehingga rakyat lebih sejahtera karena pengembangan usahanya.

Utomo juga wanti-wanti untuk berhati-hati menggunakan dana tersebut, karena sekarang semua mata tertuju pada penggunaan dana desa tersebut. Karena itu semua prosedur harus dilewati agar tidak ada penyelewengan.

Dan desa harus terbuka dan semua informasi jangan ada yang disembunyikan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.(Joko DH)

Baca :  Sikap Pemkab Karanganyar Usai Kalah Dalam Kasus Gugatan Ke KIP

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here