Sekolah di Daerah Rawan Bencana Didorong Bentuk STB

0
13
sekolah-tanggap-bencana
FOTO/DOK
KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar mendorong sekolah-sekolah di kawasan rawan bencana, untuk menjadi sekolah tangguh bencana (STB).
 
Keberadaan STB, akan membantu siswa bersikap dan bertindak tepat, jika sewaktu-waktu terjadi bencana di lingkungan sekitar mereka.
 
 
Sekretaris BPBD Karanganyar Hendro Prayitno mengatakan, konsep STB adalah menyiapkan seluruh stakeholder sekolah, terutama siswa, untuk tanggap bencana. 
“Ketika terjadi bencana, minimal mereka bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk dirinya sendiri. Baru kemudian ke lingkungan sekitarnya. Misal terjadi gempa, tahu bagaimana cara menyelematkan diri, berlindung ke mana, dan sebagainya,” katanya.
 
Dalam STB, lanjutnya, siswa diajak untuk berlatih berbagai hal terkait kebencanaan. “Ada pelatihan-pelatihan yang diberikan, agar siswa tahu bagaimana penanggulangan bencana, apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana, bagaimana menyelematkan diri dan lingkungan, dan sebagainya,” tuturnya.
 
Di Karanganyar, meski banyak wilayah rawan bencana, namun belum banyak sekolah yang berstatus STB. (Irfan Salafudin) 
 
 
Editor : Budi Sarmun
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here