Ajib, Rp 7 Miliar untuk Motor Baru Kades

0
77
motor-dinas-baru
FOTO ILUSTRASI

BOYOLALI,suaramerdekasolo.com – Upaya meningkatkan kesejahteraan bagi kepala desa terus dipikirkan DPRD Boyolali. Salah satunya dengan memberikan motor baru untuk operasional.

Para kades bakal segera mendapat kendaraan operasional berupa sepeda motor Yamaha N Max. Motor itu sekaligus sebagai pengganti motor bebek Suzuki yang digunakan saat ini. Tak hanya itu saja, penghasilan tetap (Siltap) kades juga dinaikkan.

“Ya, nanti ditahun 2020, semua kepala desa dan lurah akan mendapatkan motor Yamaha N Max. Sudah kita anggarkan dalam APBD 2020,” kata Ketua DPRD Boyolali, S Paryanto.

Dijelaskan, ada sebanyak 261 kades dan 6 lurah yang bakal mendapat kendaraan operasional baru. Anggaran yang disiapkan sekitar Rp 7 miliar. Anggaran itu sudah dimasukkan kedalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Boyolali tahun 2020.

Meski akan mendapatkan kendaraan operasional baru, namun kendaraan operasional lama tak akan ditarik. Kendaraan dinas dapat dimanfaatkan untuk kendaraan operasional Desa. Hal itu sekaligus respon masukan Kades.

“Kades mintanya tidak ditarik. Nanti tergantung kades, bisa digunakan Sekdesnya atau digunakan operasional pemerintah desa.”

Evaluasi Perangkat Desa

Selain pengadaan kendaraan dinas untuk kades, penghasilan tetap (Siltap) kades beserta perangkatnya juga telah dievaluasi. Itu setelah adanya audiensi dengan Asosiasi Perangkat Desa Indonesia (APDESI) Boyolali.

Hasilnya, Siltap Kades bakal dinaikkan. Tapi untuk 2020 kenaikan Siltapnya belum signifikan. Naik hanya Rp 500 ribu.“ Dari 3,5 juta menjadi 4 juta. Kalau permintaan Permintaan kades itu 5 juta.”

Besaran kenaikan, lanjut Paryanto, juga memperhitungkan keuangan daerah. Dimana pada tahun 2020 nanti, ada agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sehingga dipastikan banyak anggaran yang tersedot untuk agenda tersebut.

“Nanti, tahun 2021 bakal kita naikkan agar siltap sesuai harapan kades dan mendongkrak kesejahteraannya.”

Terpisah, Kades Canden, Kecamatan Sambi, Jiyanto mengaku sudah mendengar rencana pengadaan motor baru tersebut. “Iya, sudah mendengar kabar itu. Motor itu nanti bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.” (Joko Murdowo)
 
Editor : Budi Sarmun 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here