Perantau dari Papua yang Pulang ke Karanganyar Bertambah

0
8
perantau-wamena-pulang-kampung
DIJEMPUT : Tiga perantau asal Karanganyar yang pulang dari Wamena pascaterjadinya kerusuhan, dijemput tim dari Dinsos Karanganyar di Solo, Jumat (4/10) pagi. (suaramerdekasolo.com/dok)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Perantau di Papua asal Karanganyar yang memilih kembali ke kampung halamannya pascakerusuhan di Wamena beberapa waktu lalu, bertambah. Hingga saat ini, sudah ada 11 orang warga Karanganyar yang sudah pulang kampung secara bertahap. Selain dari Wamena, beberapa dari mereka merantau ke wilayah lain di Papua, seperti di Jayawijaya.

Mereka pulang ke kampung halaman antara 3 hingga 8 Oktober lalu. Tiga orang tiba di Karanganyar pada 4 Oktober, yakni Parman dan Iwan Rifai, warga Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, serta Cristian Budi PH, warga Desa Tegal Jaten, Kecamatan Jaten.

Baca : Pasca-Kerusuhan Tiga Perantau Asal Karanganyar Pulang dari Wamena

Selang beberapa hari, dua orang asal Kecamatan Karangpandan yakni Ichsan Kurniadi dan Warsito, keduanya warga Desa Gondangmanis, serta Budi Prayitno, warga Desa Jeruksawit, Kecamatan Gondangrejo, tiba. Ketiganya pulang secara mandiri
Kemudian pada 8 Oktober, lima orang asal Dukuh/Desa Kragan, Kecamatan Gondangrejo, pulang kampung. Mereka masih satu keluarga, yakni Suparno dan istrinya, Haryani, serta dua anaknya yaitu Fahrul dan Hazwan. Satu orang lagi adalah Suparti, adik dari Suparno.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Karanganyar Agus Heri Bindarto mengatakan, keluarga Suparno menumpang pesawat Hercules dari Wamena dan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.
“Mereka kemudian naik bus menuju Solo dan tiba di Terminal Tirtonadi pada Selasa (8/10) pagi, pukul 07.00. Kemudian kami jemput dan diantar ke rumah di Gondangrejo,” katanya.

Baca : MUI Papua : Hentikan Istilah Pendatang Di Papua

Keluarga Suparno, menurut Agus, tinggal indekos di Wamena. “Mereka mengaku tidak ingin kembali ke Papua, meski suasana di sana sudah aman. Mereka ingin tetap di Karanganyar, anaknya juga bisa melanjutkan sekolah di Karanganyar,” jelasnya. (Irfan Salafudin) 

Editor : Sri Hartanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here