Kreatif, Dosen Fakultas Pertanian UNS Ini Gelar Perkuliahan Di Restoran

Eddy-Tri-Haryanto
SOLOsuaramerdekasolo.com- Perkuliahan lazimnya digelar di dalam kelas. Namun Dr Eddy Tri Haryanto punya sistem perkuliahan yang berbeda.
 
Dosen Fakultas Pertanian tersebut menggelar kuliah di restoran ataupun tempat makan. Mahasiswa yang mengikuti kuliahnya pun tak hanya bisa menerima perkuliahan dengan suasana nonformal namun juga bebas memesan makanan dan minuman yang disukai. 
 
“Perkuliahan yang terkait motivasi kemandirian mahasiswa memang saya berikan di luar kelas.  Kami biasanya memilih restoran atau tempat makan yang representatif untuk berdiskusi dan menyampaikan materi, ” papar ayah dua anak tersebut. 
 
Tak heran,  dalam seminggu ia beberapa kali menyambangi beberapa resto atau tempat makan yang biasanya tak jauh dari kampus. Untuk tempat perkukiahan itu, tak jarng Eddy bertanya pada mahasiswanya ingin digelar di mana. 
 
Alasan Eddy memilih perkuliahan di luar kelas dan memilih tempat makan bukan sekadar agar kuliah berlangsung nonformal dan bisa lebih dekat dengan seluruh mahasiswanya.
 
Nilai Kebersamaan
 
Namun juga agar upayanya memotivasi para mahasiswa bisa lebih mengena. Sebab suasana perkuliahan yang tercipta lebih seperti diskusi ala keluarga di meja makan.  
 
“Suasananya sangat cair,  seperti saya menasehati anak anak saya dan mengajak mereka bertukar pemikiran.  Dan ternyata itu lebih efektif terinternalisasi ke dalam benak para mahasiswa,” papar suami dari Harwanti Listyani ini. 
 
Lantas dari manakah dana untuk makan dan minum di restoran tempat berlangsungnya kuliah? Dengan tertawa ia menyebut jika semua dari pribadinya.
 
Menurutnya sembari ia mentraktir siswa didiknya,  Eddy juga ingin menanamkan nilai kebersamaan dan semangat berbagi pada para mahasiswanya.
 
Apalagi,  dosen yang aktif di berbagai kegiatan kewirausahaan mahasiswa ini menganggap mahasiswa adalah anak anaknya juga sehingga sangat wajar bagi seorang bapak menraktir anak anaknya. 
“Semoga kelak jika para mahasiswa saya itj sudah menjadi orang yang mandiri akan ingat makna tentang berbagi,”tuturnya. (Evie Kusnindya) 
 
Editor : Sri Hartanto
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here