Amankan Pelantikan Presiden, 2/3 Kekuatan Polres Dikerahkan

polres-karanganyar-pengamanan-pelantikan-presiden
CEK ALAT – Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendy melakukan pengecekan peralatan personel polisi. Selasa (15/10). (suaramerdekasolo.com/Joko DH)

KARANGANYAR,suaramerdekasolo.com – Sebanyak 2/3 kekuatan pasukan Polres Karanganyar, termasuk seluruh jajaran Polsek dikerahkan untuk mengantisipasi berbagai hal yang bisa mengganggu jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 20 Oktober mendatang.

Ada 450 personel yang diapelkan untuk mengecek kesiapan perlengkapan mereka menghadapi kemungkinan di medan lapangan. Satu persatu Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Efendy mengecek perlengkapan anak buahnya, mulai borgol, pentungan, lampu, rompi, gesper, sepatu lapangan, dan lainnya.

‘’Semuanya harus siap, tidak boleh ada yang tertinggal. Pengalaman terjadinya penusukan Menkopolhukam harus menjadi contoh agar kita sigap saat menghadapi situasi terburuk sekalipun. Tak ada kata lain, kita harus siap,’’ kata Kapolres, Selasa.

Dikatakannya, sesuai arahan pimpinan Polri di daerah juga harus siap meski pelantikan ada di Jakarta. Setiap ada gerakan sekecil apapun yang mengindikasikan adanya kemungkinan upaya mengacaukan apalagi menggagalkan pelantikan harus dicegah.

Polisi sebagai garda terdepan untuk mengamankan dan menertibkan situasi harus tanggap dan tangkas. Jangan sampai kecolongan sampai terjadi sesuatu. Karena itu butuh kesiapan dan naluri ekstra untuk mengantisipasi hal itu.

Kapolres juga mewanti-wanti agar dalam setiap patroli keliling, termasuk ke kampung-kampung polisi tidak sendirian menjalankan tugas. Minimal harus dua orang sehingga satu sama lain saling waspada terhadap segala kemungkinan.

‘’Jangan lupakan keamanan mako (markas komando—red) baik di Mapolres maupun Mapolsek, jangan biarkan sampai ada penyusupan yang bisa merugikan. Kenali betul siapa yang datang ke markas kita, catat siapa saja yang datang agar keamanan mako juga terjamin. Bukan berarti mako tertutup untuk masyarakat, namun antisipasi keamanan perlu,” tegas kapolres. (Joko DH)

Editor : Budi Sarmun 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here