Baru Sebulan Selesai Dibangun Saluran Air Jalan Karangnom Jebol

saluran-air-karanganom-jebol
SALURAN AMBROL: Saluran air di Jl Karanganom-Polanharjo di depan taman Koplakan Andong ambrol, Selasa (15/10). (suaramerdekasolo.com/Achmad H)


KLATEN,suaramerdekasolo.com – Jaringan saluran air di tepi Jl Karanganom-Polanharjo di depan Taman Koplakan Andong, Kecamatan Karanganom Klaten ambrol. Padahal saluran itu baru selesai dikerjakan beberapa pekan lalu setelah dibangun dengan dana APBD 2019.

Yanto, warga sekitar mengatakan jebolnya saluran itu sudah beberapa hari ini terlihat warga. Sebab posisinya di tepi jalan dan menikung di simpang tiga yang ramai, warga bisa melihat dengan jelas. Apalagi di lokasi setiap sore ramai dikunjungi warga yang mencari angin sore di taman.

” Sebab membahayakan, jebolan saluran ditutup warga dengan batu dan bambu di sekitarnya agar tidak ada yang celaka,” jelasnya, Selasa (15/10).

Baca : Saluran Air Mampet, Air Selokan Meluber Jalan Depan Pasar Klewer

Menurutnya, saluran itu jebol di bagian cor penutupnya sepanjang sekitar dua meter. Kawatnya bahkan terlihat seperti tertimpa beban berat. Proyek saluran itu digarap sekitar empat bulan yang lalu dan selesai beberapa pekan lalu.

Truk Galian C

Saluran itu penting untuk menampung air dari jalan di sepanjang jalan itu ke utara. Saat penggarapan proyek, tanah dikeruk dan ditanam cor beton seperti huruf U dan di atasnya ditutup cor beton dari pabrik sehingga bukan cor manual. Namun nyatanya ambrol tidak kuat menahan beban. Mastarakat berharap segera dibenahi sebab jalan itu jalan ramai dan akan bisa membahayakan pengguna jalan.

Baca : Pintu Saluran Blambangan Rusak, Lahan 1.100 Hektare Terancam Krisis Air

Sementara Wandi mengatakan jebolnya saluran itu disebabkan empat hari lalu ada truk bermuatan pasir melintas di lokasi. ” Saat melintas terlalu ke tepi sehingga saluran air tidak kuat dan jebol,” katanya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Klaten, Suryanto mengungkapkan atas kerusakan itu penyedia jasa masih bertanggungjawab selama satu tahun masa pemeliharaan yang sudah dikerjakan.

Dinas akan segera meminta kerusakan itu segera diganti. Bahan penutup saluran itu bukan dicor tetapi dipasang sebab buatan dan cetakan pabrik. (Achmad H)

Baca : 22 Meteran PDAM Dibobol Pencuri, Air PDAM Meluber Ke Jalanan

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here