Era Revolusi Industri 4.0, Lulusan USB Diminta Tingkatkan Social Intelligence

wisuda-mahasiswa-usb
WISUDA MAHASISWA : Rektor Universitas Setia Budi (USB) Surakarta Dr Joni Tarigan MBA mewisuda lulusan dalam sidang senat terbuka dengan agenda Wisuda Periode II Tahun 2019 yang digelar di Graha Sabha Buana, Selasa (15/10)(suaramerdekasolo.com/dok)
SOLO,suaramerdekasolo.com – Meskipun dalam Revolusi Industri 4.0 banyak hal yang dapat diotomatisasi, namun masih ada soft skill manusia yang dikenal dengan social intelligence yang tetap perlu diperhatikan. Oleh karena itu, para wisudawan diimbau untuk terus menambah kemampuan social intelegence yang dimiliki.
 
“Bagaimanapun juga, ada kemampuan manusia yang tidak akan pernah tergantikan oleh mesin yakni social intelligence. Wisudawan perlu terus mengoptimalkan social intelligence tersebut, ” kata Rektor Universitas Setia Budi (USB) Surakarta Dr Ir Djoni Tarigan MBA dalam sambutannya saat sidang senat terbuka dengan agenda Wisuda Periode II Tahun 2019 yang digelar di Graha Sabha Buana, Selasa (15/10).
 
 
Dalam kesempatan itu,  USB mewisuda sebanyak 695 lulusannya dan terdapat 286 wisudawan yang dinyatakan cumlaude.
 
Rektor mengemukakan, berdasarkan Pemeringkatan Perguruan Tinggi oleh Kemenristekdikti Tahun 2018, USB menduduki peringkat 245 dari 2.194 Perguruan Tinggi se-Indonesia.
 
Berdasarkan uniRankTM dalam laman www.4icu.com, USB menempati peringkat 261 dari 572 perguruan tinggi top di Indonesia di tahun 2019. Sementara berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities, USB menempati peringkat 349 dari 2.440 perguruan tinggi di Indonesia.
 
Lebih lanjut diungkapkan, mulai tahun ajaran 2016/2017, seluruh program studi di USB menggunakan kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). 
 
 
Pihaknya juga telah menetapkan standar dan sasaran mutu melebihi Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang disyaratkan pada Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015. 
Sesuai dengan Permenristekdikti No. 61 Tahun 2016 tentang Pangkalan Data  Pendidikan Tinggi mengenai Nomor Ijazah Nasional, maka mulai 2018 lalu,  USB sudah menggunakan sistem Penomoran Ijazah Nasional (PIN), dan nomor ijazah yang pernah diterbitkan dapat diverifikasi melalui Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL). (Evie Kusnindya)
 
 
Editor : Budi Sarmun 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here