Mengharukan, Wisudawan USB Asal NTT Minta Wawali Solo Achmad Purnomo Jadi Pengganti Orang Tua

wisuda-usb-wawali-solo-achmad-purnomo
Risalno A Ninu bersama Wawali Achmad Purnomo berfoto bersama sebelum mengikuti prosesi wisuda Universitas Setia Budi (USB) Surakarta, Selasa (15/10).
MOMEN wisuda biasanya dihadiri oleh keluarga atau kerabat dekat dengan penuh kebanggaan. Namun itu tak bisa dialami oleh Risalno A Ninu, lulusan Prodi D3 Analisi Farmasi dan Makanan Universitas Setia Budi (USB) Surakarta yang kemarin diwisuda. 
 
Mahasiswa asal Soe, Nusa Tenggara Timur itu telah yatim piatu dan kerabatnya tak bisa hadir dalam momen istimewa tersebut. Namun lelaki muda yang akrab disapa Alno itu tetap menginginkan seremoni kelulusannya berlangsung istimewa. Dengan tekat itulah pada Senin (14/10), Alno nekat mengunjungi kantor Wakil Wali Kota Achmad Purnomo. Secara pribadi ia meminta Wawali menjadi wakil orangtuanya dalam wisuda yang digelar di Graha Sabha Buana,  Selasa (15/10) siang.  
 
“Saya tidak ada keluarga, ayah dan ibu sudah tidak ada. Kerabat tidak ada yang datang karena jauh. Karena itu saya mod nekat meminta Bapak Wawali untuk menjadi wakil orangtua saya saat wisuda,” kata Alno sesaat sebelum mengikuti prosesi wisuda. 
 
 
Lelaki kelahiran 26 Februari 1995 itu mengaku terharu dan bangga karena wisudanya dihadiri oleh Wawali yang mewakili kedua orangtuanya yang telah tiada. Ia terharu dan berharap kedua orangtuanya bisa ikut merasakan kebanggaan tersebut di alam keabadian. 
 
Risalno yang lahir dan besar di NTT menempuh perkuliahan di USB pada program diploma 3. Ia memilih USB lantaran banyak alumni yang bekerja di NTT dan merekomendasikannya untuk berkuliah di PTS tersebut. Ia juga salah satu peraih beasiswa. 
 
Sementara itu,  Wawali Achmad Purnomo yang ditemui sebelum seremoni wisuda gelombang kedua mengemukakan jika ia tergerak untuk hadir menjadi wali dari Risalno karena merasa terpanggil. 
 
 
“Alno bercerita jika ia yatim piatu tidak ada keluarga di sini. Ia meminta saya menjadi wakil keluarganya karena kedua orangtuanya sudah tidak ada.  Secara pribadi saya memahami harapannya karena pwrnah menjadi mahasiswa.  Saya bersedia hadir mewakili orang tua Alno,” paparnya.  
 
Wawali berharap, kehadirannya dalam wisuda mewakili orangtua mampu memotivasi Alno untuk lebih berprestasi dan mencapai suksesnya. (Evie Kusnindya)
 
 
Editor : Budi Sarmun 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here