Pilkades Klaten Warga Laporkan Politik Uang, 77 Desa Kondusif

pilkades-klaten-serentak
HALAMAN BALAI: Halaman Balai Desa Cawan, Kecamatan Jatinom dibersihkan setelah untuk Pilkades dan suasana desa kondusif (suaramerdekaslo.com/Achmad H)

KLATEN,suaramerdekasolo.comPilkades serentak tahap III tahun 2019 mulai ada yang berujung ke ranah hukum. Kasus dugaan politik uang di Pilkades Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan dilaporkan ke polisi.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, dugaan politik uang itu terjadi sehari sebelum pelaksanaan coblosan Pilkades atau pada Selasa (8/10) malam. Awalnya salah seorang warga berinisial Rj (65) diminta datang ke rumah salah satu calon Kades.

Yang bersangkutan diberi uang oleh Calon Kades tersebut untuk dibagikan ke warga. Uang kemudian dibawa dan dibagikan kepada warga diantaranya kepada Ng sebesar Rp 100.000 dalam bentuk pecahan Rp 50.000 sebanyak dua lembar. Saksi yang diberi uang dan diminta memilih salah calon tersebut menceritakan hal itu kepada rekannya Bb.

Baca : Banyak Petahana Tumbang di Pilkades Klaten

Oleh Bb, yang bersangkutan diajak menemui warga lain. Saat ribut masalah uang itulah, calon Kades lain atas nama Agung Sutrisno datang dan menanyakan masalahnya. Setelah mengetahui ada masalah bagi-bagi uang calon Kades lain, masalah kemudian melebar sebab warga lain datang ke lokasi.

” Sebelum terjadi keributan, masalah itu dilaporkan ke Polsek,” ungkap warga, Yana, Selasa (15/10).

Setelah dilaporkan itulah, Kapolsek dan Muspika datang ke lokasi menenangkan warga. Untuk mengantisipasi hal tidak diinginkan, baik Rj selaku pemberi uang maupun Ng yang dberi uang diamankan ke Mapolsek Kota.

Kasus itu kemudian dilaporkan resmi ke Polsek Kota Klaten hari Jumat 11 Oktober 2019 sore hari. Agung Sutrisno selaku pelapor saat dikonfirmasi tidak mengangkat ponselnya. Beberapa kali dihubungi kemudian ponselnya tidak aktif.

Baca : Pemkab Klaten Turun Tangan Cek Tahapan Pilkades Ceporan

77 Desa

Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo saat dikonfrimasi melalui Kapolsek Kota AKP Suyadi mengungkapkan kasus dugaan itu masih dalam proses penanganan jajarannya.

” Ya masih dalam proses,” jawabnya singkat.

Selain kasus di Desa Sumberejo, kasus kekerasan di Desa Cawan, Kecamatan Jatinom mulai mereda. Suasana desa dan masyarakat kembali kondusif. Satu warga yang terkena tusukan senjata tajam sudah dipulangkan.

Baca : Pilkades Serentak Klaten, 250 Orang Balon Kades Mendaftar

Sedangkan tujuh dari enam warga luar yang terlibat keributan dengan warga hanya tinggal satu yang diproses hukum di Polres, yaitu pelaku penusukan. Sekretaris Desa Cawan, Kecamatan Jatinom, Subagya mengatakan suasana desa sudah pulih dan masyarakat sudah beraktivitas seperti biasa.

Warga yang terluka sudah pulang usai dibawa ke RS PKU Muhammadiyah setelah kejadian. Warga yang terlibat keributan dengan warga desa merupakan warga dari luar desanya. Sebelumnya diberitakan, pelaksanaan Pilkades serentak tahap III tahun 2019 di Kabupaten Klaten dinodai insiden kekerasan di Desa Cawan, kecamatan Jatinom. Seorang orang mangalami luka tusukan senjata tajam. (Achmad H)

Baca : Pilkades Serentak III Klaten Mulai Memanas

Editor : Budi Sarmun

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here