Kemenkes Ciptakan Program Kampus Sehat : Empat Universitas Di Indonesia Digandeng, Salah Satunya UNS Solo

uns-jadi-kampus-sehat
TANDATANGANI MOU : Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr Anung Sugihantono MKes menandatangani MoU dengan Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho. (suaramerdekasolo.com/Evie Kusnindya)
SOLO,suaramersekasolo.com- 
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi salah satu dari empat perguruan tinggi yang digandeng Kemenrerian Kesehatan RI untuk menjadi uji coba program Kampus Sehat. 
 
Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr Anung Sugihantono MKes mengemukakan,  program tersebut masih dalam tahap uji coba, yang akan dilaksanakan di empat universitas yaitu Universitas Indonesia, Universitas Andalas, UNS dan Majelis PP Dikti Muhammadiyah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). 
 
“Program Kampus Sehat memungkinkan Universitas untuk tidak hanya mencetak mahasiswa yang unggul di bidang akademik, tetapi juga menghasilkan lulusan yang sehat baik jasmani maupun rohani  sebagai SDM unggul,” ujar Anung
 
Hasil pelaksanaan uji coba di empat universitas, diharapkan menjadi masukan dalam penyempurnaan Program Kampus Sehat. Sehingga dapat diterapkan di semua perguruan tinggi di Indonesia
 
Dikemukakan,  program kampus sehat merupakan upaya yang sistematis dan menyeluruh dalam mewujudkan (PT) sebagai suatu lembaga yang mengintegrasikan kesehatan dalam budaya PT yang tercermin melalui kegiatan operasional sehari-hari, administrasi pengelolaan dan mandat akademis. 
 
Program Kampus Sehat diharapkan dapat menggerakkan sektor pendidikan untuk berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia sehat dengan terlibat langsung dalam upaya-upaya promotif dan preventif di lingkungan PT.
 
Anung mengungkapkan, melalui program Kampus Sehat, PT akan mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada kesehatan sehingga tercipta masyarakat kampus yang sehat, bugar dan produktif. Indikator yang menjadi point penilaian dalam program kampus sehat antara lain meliputi lingkungan yang bersih, sehat dan aman.  (Evie Kusnindya) 
 
Editor : Sri Hartanto
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here